50.000 Merchant di NTB Gunakan QRIS

Iwan Kurniawan. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, Heru Saptaji melalui Deputy Bidang Pembayaran, Iwan Kurniawan mengatakan saat ini ada 50.000 merchant di NTB yang sudah menyediakan QRIS. Terjadi peningkatan yang signifikan, seratus persen lebih pengguna QRIS di NTB dan berkembang cukup pesat.

Iwan menambahkan,  bertransaksi dengan QRIS sangat aman, apalagi di masa pandemi korona saat ini. Tidak terjadi kontak langsung jarak dekat dengan customer saat melakukan pembayaran. Cukup dengan scan menggunakan ponsel yang dimiliki, kode batang yang dipasang oleh merchant. Secara otomatis terjadi pembayaran.

Iklan

“Bisa juga dilakukan pembayaran di rumah. Misalnya, kita sudah memberikan kartu nama yang mencantumkan kode batang. Tinggal discan dari rumah,” imbuhnya. Perbankan, SPBU, hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kata Iwan sudah menggunakan fasilitas pembayaran dengan non tunai ini. QRIS bisa terus dikembangkan di NTB untuk kemudahan dan keamanan bertransaksi.

Salah satu yang sudah menggunakan QRIS adalah IWAPI NTB. Bersama salah satu bank swasta di Mataram IWAPI telah memberikan pelatihan untuk menggunakan transaksi non tunai dengan QRIS. Ketua IWAPI Provinsi NTB, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi di Mataram, Jumat, 16 Oktober 2020 mengatakan, kegiatan pembayaran dilakukan dengan QRIS sangat gampang. Sehingga sangat diharapkan, jualan sekecil apapun bisa menggunakan fasilitas pembayaran dengan QRIS. Anggota IWAPI yang terdiri dari pengusaha dengan dari entitas bisnis, juga diharapkan mengajak masyarakat dengan menyediakan barcode untuk pembayaran. (bul)