5 Bakal Calon DPD Terdeteksi Dukungan Ganda di KSB

Taliwang (Suara NTB) – KPU Sumbawa Barat baru-baru ini telah melaksanakan verifikasi administrasi dukungan para bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Pemilu 2019 mendatang. Hasilnya, dari 38 Bacalon DPD yang diverifikasi dukungannya di wilayah KSB, 5 diantaranya ditemukan berkas dukungannya ganda.

“Jadi kita memang ada temukan dukungan ganda dari dokumen dukungan yang diajukan para bacalon,” terang komisoner KPU KSB Divisi Hukum, Aliyatulah, SH kepada wartawan.

Iklan

Berdasarkan data KPU KSB, kelima bacalon DPD yang dinyatakan terdapat dukungan gandanya. Di antaranya, Hj. Robiatul Adawiyah, SE, Dr. Zulkifli Muhadli, SH., MM, Drs. H. M Ali H. A. Rahim, M.Pd, Ristan, SH dan terakhir H. Arsyad, SE., MM.
Total dukungan ganda dari kelima Bacalon DPD tersebut sebanyak 67 orang. Dijelaskan Aliya, dukungan ganda yang terdeteksi tersebut terjadi di antara para Bacalon. Selanjutnya data dukungan ganda itu oleh pihaknya diverifikasi faktual ke lapangan kepada bersangkutan untuk menentukan pilihannya kepada Bacalon yang disetujui.

“Misalnya pendukung A ada KTP-nya di dua Bacaleg B dan C. Jadi kita klarifikasi bersangkutan mendukung B atau C. Nah Setelah dapat kepastian dari bersangkutan kita masukkan data dukungannya sesuai pilihan,” paparnya.

Ia menyebutkan, verifikasi adminstrasi dukungan tersebut belum final. Hasil verifikasi tahap pertama ini oleh KPU kabupaten/kota diserahkan ke KPU provinsi. Nantinya pihak KPU provinsi akan mengembalikan lagi ke KPU kabupaten/kota untuk verifikasi faktual pasca perbaikan dukungan oleh masing-masing Bacalon. “Minimal syarat dukungan tiap bacalon DPD untuk di NTB ini 2.000 dukungan,” sebutnya.

Aliya selanjutnya menyampaikan, terkait pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 mendatang pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya. Diakuinya, tugas-tugas menjalankan agenda tahapan Pemilu saat ini relatif lebih berat karena di sisi lain tahapan Pilkada serentak tahun 2018 juga sedang berlangsung.

“Tapi insyaAllah kami bisa laksanakan keduanya. Sukses pelaksanaan dan sukses hasil untuk Pilkada dan Pemilu 2019 di KSB itu target kami selaku penyelenggara,” pungkasnya. (bug)