5.000 Mahasiswa Terdampak Bencana Dapat Beasiswa

Presiden RI, Joko Widodo saat menyerahkan beasiswa untuk mahasiswa korban gempa. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Serangkaian kunjungan kerja ke Lombok dan Sumbawa, Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan bantuan beasiswa kepada 5.000 mahasiswa terdampak bencana di NTB. Pemberian beasiswa ini untuk meringankan beban mahasiswa yang terkena dampak bencana gempa.

‘’Beasiswa juga target yang akan kita berikan 5.000-an. Yang sudah berjalan kurang lebih 4.500 orang, saya mau cek nanti sore (kemarin, red),’’ kata Presiden usai menggelar rapat terbatas di Ruang VIP Lombok International Airport (LIA), Kamis, 18 Oktober 2018 siang.

Iklan

Dalam ratas yang dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH, mengatakan ke Presiden bahwa Pemda Lombok Utara sudah mengumpulkan mahasiswa yang terdampak bencana. Di hadapan Presiden, Najmul meminta ada pembebasan atau keringanan biaya kuliah bagi mahasiswa terdampak bencana.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Najmul meminta dukungan Presiden untuk mempercepat berdirinya Politeknik Negeri Lombok Utara. Ia mengatakan pendirian Politeknik Negeri Lombok Utara saat ini sedang dalam proses pengurusan izin di Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

‘’Masyarakat mengharapkan Politeknik Negeri ini segera berdiri. Karena rupanya memang dari sisi ekonomi sudah mulai kesulitan masyarakat kami. Kami mohon kepada Pak Presiden supaya Politeknik Negeri ini segera berdiri,’’ harapnya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa mahasiswa yang terdampak bencana akan diberikan beasiswa. Sementara mengenai pendirian Politeknik Negeri Lombok Utara, Presiden berjanji akan berkomunikasi dengan Menristekdikti. (nas)