43 Perusahaan Dipastikan Ramaikan ‘’Job Fair’’ Lotim

Sejumlah pelamar kerja dalam rangka job fair 2020 menyerahkan berkas di petugas yang ada di Disnakertrans Lotim, Jumat, 28 Februari 2020. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Persoalan pengangguran di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menjadi salah satu atensi pemerintah setempat. Salah satu langkah yang dilakukan saat ini berupa pelaksanaan Job Fair 2020. Di mana job fair ini diikuti sebanyak 43 perusahaan yang sebagian besar bergerak di niaga.

Kepala Bidang PPTK pada Disnakertrans Lotim, Moh. Hirsan, mengatakan jumlah pendaftar dalam job fair hingga tanggal 27 Februari 2020 sebanyak 335 orang selama dua minggu dibuka. Melihat angka tersebut, Hirsan mengakui jika animo masyarakat masih kurang, sehingga perlu dilakukan sosialisasi kembali mengingat Disnakertrans  menargetkan jumlah pelamar mencapai angka seribu lebih. “Untuk pendaftaran sampai tanggal 15 Maret 2020. Sehingga kita harapkan masyarakat memanfaatkan peluang kerja ini,” harapnya, Jumat, 28 Februari 2020.

Iklan

Adapun dalam pelaksanaan job fair ini, sebanyak 43 perusahaan hadir dengan waktu pelaksanaan job fair dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 16 hingga 18 Maret 2020. Sementara untuk pelamar sejauh ini didominasi oleh pelamar tamatan SMU. Hal tersebut dikarenakan 43 perusahaan yang ikut serta dalam job fair bergerak di bidang niaga.

Hirsan menambahkan, tujuan pelaksanaan job fair dalam rangka mengurangi angka pengangguran di daerah ini. Pasalnya, Kabupaten Lotim merupakan angka yang cukup besar angka penganggurannya yakni sebesar 3,8 persen dari standar 2,0 persen. “Intinya job fair ini kita laksanakan untuk memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat kita, sehingga angka pengangguran berkurang,”  ujarnya. (yon)