39 Bacakades di Dompu Diseleksi, Tim Independen Langsung Umumkan Hasil Tes

Dompu (Suara NTB) – Sebanyak 39 orang bakal calon kepala Desa dari 5 Desa di Kabupaten Dompu mengikuti tes tulis dan wawancara yang dilaksanakan panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat Kabupaten bekerjasama dengan tim independen dari Universitas Mataram (Unram). Hasil tes langsung diumumkan tim independen usai tes.

Iklan
Bakal Calon Kepala Desa Dorebara, Tamjidun saat mengikuti wawancara oleh tim independen.

Pelaksanaan tes tulis yang dilanjutkan dengan wawancara ini dilangsungkan di aula Polres Dompu, Selasa, 10 Oktober 2017 pagi. Semua tes dan wawancara dilakukan oleh tim independen. Panitia Pilkades Kabupaten hanya meninjau dan melakukan monitoring hingga seluruh tahapan tes selesai dan diumumkan hasilnya, siang harinya. Sementara peserta tes tulis dan wawancara terlihat mengenakan pakaian putih hitam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu, H. Supardi, S.Sos, MSI kepada Suara NTB di sela – sela tes bagi bakal calon kepala Desa di Mapolres Dompu, meyakinkan bahwa pihaknya sepenuhnya menyerahkan kepada tim independen dalam menyusun soal dan melakukan wawancara.

“Tes tulis langsung diperiksa oleh tim independen dan dilanjutkan wawancara. Nanti langsung diumumkan hasilnya oleh tim independen,” kata H. Supardi.

Ada 60 nomor soal yang diberikan tim independen kepada bakal calon kepala Desa untuk diselesaikan selama 1,30 jam. Untuk tes tulis ini bobotnya 60 persen dan tes wawancara bobotnya 40 persen. Akumulasi dari tes tulis dan wawancara dilakukan skoring dalam menentukan 5 orang dengan nilai tertinggi.

“Besok langsung ditetapkan calon oleh panitia Pilkades di tingkat Desa. Langsung ditetapkan agar tidak masuk angin (timbulkan gejolak),” ungkapnya.

Diakui H. Supardi, diantara materi wawancara terhadap bakal calon Kepala Desa terkait potensi di Desanya dan gagasan inovasi ketika lolos menjadi Kepala Desa. Apalagi saat ini Desa memiliki alokasi dana Desa (ADD) dan dana Desa (DD) yang cukup besar setiap tahun anggaran.

“Kalau wawancara, paling yang ditanyakan seputar inovasi yang bisa dilakukan dengan potensi ADD dan DD,” jelas H. Supardi.

Pada tes tulis dan wawancara ini diikuti oleh 39 orang calon dari 5 Desa. Diantaranya Desa Dorebara sebanyak 13 orang calon, Desa Tekasire sebanyak 8 calon, Desa Nangatumpu 6 calon, Desa Kempo 6 calon, dan Desa Doropeti 6 Calon.

Desa Dorebara Kecamatan Dompu dengan calon kepala Desa terbanyak, hasil tes dan dinyatakan lolos tes tulis dan wawancara yaitu Erni Rohmulyati, M Nasir, Syamsuddin, Sirajuddin, dan Syaiful. “Calon incumben (Tamjidun mantan Kepala Desa), tidak lolos. Di di urutan ke 7 dari 13 calon,” kata M. Ali, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD Kabupaten Dompu.

Sementara calon incumben juga terdapat di 3 Desa lain yang memiliki bakal calon lebih dari 5 orang seperti di Desa Tekasire, Nangatumpu, dan Doropeti. Namun di Desa ini semuanya lolos pada tes tulis dan wawancara. Di Desa Kempo sendiri tidak terdapat calon incumben. Tapi dari 6 calon kepala Desa-nya yang dinyatakan lolos yaitu Drs. Dirmansyah, M. Fainsya Enka Putra, Kaharuddin Insan, M. Noor Oco, dan Abdul Hak Ahmad.

Setelah diseleksi melalui tes tulis dan wawancara bagi Desa yang memiliki calon lebih dari 5 orang, Rabu, 11 Oktober 2017 hari ini panitia Pilkades di tingkat Desa yang ada di 33 Desa peserta Pilkades serentak akan menetapkan calon Kepala Desa peserta Pilkades. Setelah ditetapkan sebagai calon, masing – masing calon diberi ruang melakukan sosialisasi diri dan program pada calon pemilih. Pemilihan sendiri akan dilaksanakan 23 November dan kepala Desa terpilih akan dilantik 30 Desember 2017 mendatang. (ula/*)