38 Randis Hilang, TPTGR Lotim Minta Dikembalikan

Ilustrasi (Kendaraan Dinas)

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 38 kendaraan dinas (randis) lingkup Pemkab Lombok Timur (Lotim) diduga hilang oleh pemegangnya. Kendaraan-kendaraan tersebut tersebar di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Termasuk yang dipegang para kepala desa.

Kepada para pemegangnya tersebut diminta Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) untuk segera melakukan pengembalian. “Kita sudah sidang beberapa waktu lalu dan meminta kepada pelaku untuk melakukan pengembalian,” terang Inspektur pada Inspektorat Lotim, Drs. Haris, MAP, Senin,b31 Desember 2018.

Iklan

Laporannya, sebagian kendaraan hilang di rumah. Nilai kendaraan keseluruhan ditaksir Rp 100 juta lebih. Begitu juga randis kepala desa masuk dalam daftar yang dituntut, karena randis yang digunakan merupakan hasil pengadaan dari APBD Kabupaten Lotim beberapa tahun lalu. Berbeda dengan sekarang bisa melakukan pengadaan sendiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) seperti yang dilakukan untuk pengadaan kendaraan para kepala dusun.

Dalam hal ini, ujarnya, batas waktu diberlakukan berbeda, antara lain pengembalian 12 kali dan diberikan kesempatan mencicil, karena kehilangan bukan karena unsur kesengajaan. “Boleh dicicil, aturannya boleh,” ungkapnya. Sedangkan jika ada unsur kelalaian, maka bisa sampai 24 kali.

Selain randis, ujarnya, ditemukan juga ada indikasi kerugian dugaan penyalahgunaan dana BOS di SMAN 2 Aikmel. Terhadap mantan kepala sekolah ini diminta aturan lebih tegas melakukan pengembalian segera sampai batas waktu maksimal 90 hari. Jika dalam batas waktu yang sudah ditentukan itu tidak mengembalikan, maka pemerintah daerah segera akan melimpahkannya ke aparat penegak hukum (APH). Pihaknya memberikan batas waktu sampai dengan dengan Februari mendatang. Sampai

MP TPTGR Lotim ini berencana akan menggelar sidang lagi pada Januari ini. Menurutnya, banyak kasus yang akan disidangkan sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK dan Inspektorat sendiri. (rus)