36 Napi di Rutan Bima Dapat Remisi Lebaran

Kota Bima (Suara NTB)

Sebanyak 36 narapidana (Napi) di rumah tahanan (Rutan) Raba Bima mendapat remisi khusus (RK) Hari raya Idul Fitri tahun 2016. Pemotongan masa hukuman itu, karena mereka dianggap berperilaku baik selama dalam pembinaan.

Iklan

“RK I Lebaran tahun ini ada 36 tahanan yang mendapat remisi. Pengurangannya variatif, mulai dari 15 hingga 30 hari,” kata Kepala Rutan Raba Bima, Abdul Halik, S.Sos, dihubungi Suara NTB, Kamis (7/7).

Halik mengatakan, pemerima remisi Lebaran tahun ini kebanyakan napi dalam perkara tindak pidana umum. Ia mengaku pemberian remisi tersebut setelah mendapat surat keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM).

“Semua napi yang diusulkan untuk mendapatkan RK I, baik saat Idul Fitri (lebaran) atau tanggal 17 Agustus, akan ditentukan dan diputuskan oleh Kemenkum dan HAM,” katanya.

Pada lebaran tahun ini, pihaknya telah mengusulkan napi yang mendapat remisi sebanyak 53 orang. Namun yang disetujui hanya 36 orang.

“Napi yang kita usulkan untuk mendapat remisi memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku,” tambah Halik.

Dijelaskan, pihaknya tidak sembarang mengajukan nama-nama napi yang menghuni Rutan tersebut. Sebab pengajuan harus dilihat dari tingkat perilaku baik. Serta mengikuti kegiatan-kegiatan pembinaan yang diprogramkan oleh Rutan setempat.

“Jika tahanan berperilaku baik dan mengikuti kegiataan pembinaan, akan menjadi alasan kami dalam mengajukan remisi,” jelasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here