33 Eks TKI Dalam Pemantauan di Dompu

Abdul Syahid.(Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Sebanyak 33 eks TKI dari beberapa negara di Asia Pasifik dalam pemantauan tim siaga darurat Corona. 21 diantaranya tersebar di Kecamatan Huu dan 12 orang baru tiba pekan kemarin di Kecamatan Pekat. Sementara dalam perjalanan pulang masih ada 11 orang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid ketika dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 23 Maret 2020.

Iklan

Ia mengatakan, eks TKI yang terdata semenjak ditetapkannya status siaga darurat Corona pada 16 Maret 2020 kemarin sudah ada 33 orang. Mereka saat ini dalam pemantauan tenaga medis masing puskesmas. “Baru tiba TKI kita di Pekat. Itu ada 12 orang, mereka sekarang dalam pemantauan tenaga medis,” ungkapnya.

Dari 33 eks TKI yang terdata ini, belum berani dipastikan mereka datang dengan gejala Covid-19 atau tidak. Tim masih terus melakukan pemantauan untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut.

Sementara Disnakertrans, dalam hal ini sebatas mengidentifikasi keberadaan eks TKI saja. Termasuk 11 orang yang dikabarkan masih dalam perjalanan pulang.

Selain 11 orang dimaksud, lanjut dia, kabarnya masih banyak TKI yang diberangkatkan beberapa tahun terakhir ini dalam perjalanan pulang. Karenanya, Disnakertrans kini harus bekerja ekstra memastikan mereka tak luput dari pendataan apalagi pemantauan. Sebab dikhawatirkan menjadi sumber penularan dari virus mematikan itu. “Saya harus kerja keras turun lapangan sekarang, karena informasinya banyak TKI kita yang pulang,” jelasnya.

Selain menekankan kerjasama tim dalam mendata setiap TKI yang pulang, Abdul Syahid berharap, seluruh elemen masyarakat di delapan kecamatan proaktif melaporkan siapa saja TKI yang baru tiba di kampung halamannya. Sehingga langkah-langkah pendeteksian bisa lebih cepat dilakukan tim siaga darurat Corona demi keamanan masyarakat.

“Masyarakat dan semua elemen harus aktif membantu, supaya TKI-TKI ini terkontrol dengan baik. Karena Corona ini penyakit yang sangat berbahaya ketika tidak ditangani cepat,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional