32 Sekolah Ikuti Lomba Gerak Jalan di Mataram

Mataram (suarantb.com) – Perayaan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 di Kota Mataram mulai tampak kemeriahannya. Beberapa lomba di tingkat kecamatan mulai diadakan. Lomba gerak jalan indah tingkat SD di kecamatan Cakranegara mengawali kemeriahan tersebut, Sabtu, 20 Agustus 2016.

Lomba tersebut digelar di sepanjang Jalan Ahmad Yani. Sebanyak 32 Sekolah ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut, dengan masing-masing sekolah diwakili oleh dua tim, yaitu tim putera dan puteri. Tiap-tiap tim terdiri dari 15 siswa dan seorang komandan tim yang mengontrol barisan tim.

Iklan

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 WITA ini diisi dengan atraksi-atraksi dari masing-masing tim kepada dewan juri. Tiap menampilkan kebolehannya dalam Peraturan Baris-Berbaris (PBB), variasi gerakan, formasi barisan, serta yel-yel.

Pantauan suarantb.com, siswa-siswi SD yang berpartisipasi dalam lomba tersebut telihat sangat antusias dan gembira mengikuti prosedur lomba. Meskipun dalam kondisi panasnya jalan raya dan antrian tim yang banyak, siswa-siswi tersebut tetap bersemangat hingga akhir acara.

Anggota Purna Paskibraka Kota Mataram, Iwan Setiawan, selaku dewan juri dalam lomba tersebut mengatakan, jumlah sekolah yang berpartisipasi lebih banyak dari tim yang telah terdaftar sebelumnya. Sebanyak 31 sekolah yang terdaftar, namun beberapa tim ikut serta dan mendaftarkan diri di hari H. “Total yang mendaftar ada 31 sekolah, tapi ada beberapa tim yang baru datang dan mendaftar tadi,” ujarnya kepada suarantb.com.

Iwan mengatakan tiap tim dinilai berdasarkan tiga kriteria, yaitu keutuhan tim, gerakan dan kostum. Mengenai kostum, Kecamatan Cakranegara bersepakat untuk menyeragamkan pakaian yaitu seragam pramuka. Namun untuk kelengkapan atribut dan aksesoris seragam, sekolah bebas menentukan tampilan. “Sebenarnya bisa bervariasi, tapi dari hasil rapat sebelumnya kita bersepakat untuk menggunakan seragam pramuka,” ujarnya.

Lomba gerak jalan yang diadakan di Kecamatan Cakranegara ini merupakan pembuka acara peringatan kemerdekaan RI. Iwan menyebutkan bahwa hari-hari berikutnya akan diisi pula dengan lomba-lomba lainnya di daerah lain di Kota Mataram. “Hari senin nanti (22 Agustus) ada lagi lomba di Kecamatan Sandubaya, dan dua hari lagi di Kecamatan Kota Mataram,” terangnya.

Ia menambahkan ada banyak cabang lomba yang akan digelar di Kota Mataram, salah satunya marching band. “Akan ada banyak lomba, tapi sekarang ini masih dirapatkan,” pungkasnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here