32 Eks Pecandu Narkoba di Taman Ayu Diberdayakan Desa dan Pemprov

Kepala Desa Taman Ayu, Tajuddin saat mendampingi para pecandu narkoba saat direhabilitasi di BNN.

Giri Menang (Suara NTB) – 32 eks pecandu narkoba di Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat diberdayakan melalui beberapa program dari desa dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Bentuk program intervensi yang diberikan berupa bantuan modal usaha peternakan, perbengkelan, dan kedai kopi. Untuk program dari Pemprov berupa bantuan perbengkelan dan kedai kopi akan dimulai bulan ini.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Taman Ayu, Tajuddin, Jumat, 23 Oktober 2020 di kantornya. Tajuddin menyebutkan, jumlah eks pecandu narkoba di desanya sebanyak 32 orang. Sejauh ini untuk program pascarehabilitasi bagi eks pecandu narkoba ini sudah berjalan. Terutama program dari desa seperti bantuan ternak dan bengkel. “Kami dari desa berikan modal usaha Rp5 juta kepada mereka (eks pecandu) untuk peternakan ayam, itu dari PAD desa,” jelas dia.

Iklan

Menurutnya, karena melihat semangat para eks pecandu dalam mengembangkan usaha ini, akhirnya pihak BNN merespon dan mengajak kerja sama untuk mengembangkan melalui intervensi Pemprov. “Alhamdulillah dari Perindag provinsi menyambut baik, insya Allah mungkin bulan-bulan ini keluar bantuannya,” imbuh dia.

Pihak desa, jelas dia, sudah mendapatkan kepastian untuk perbengkelan dan kedai kopi. Pihaknya sudah membahas hal ini dengan BNN dan Disperindag NTB. Rencananya lokasi usaha ini akan dibuka di Dusun Bongor. Bentuk batuan ini berupa peralatan.

Pihaknya akan membagi para eks pecandu ini untuk masing-masing usaha. Bagi yang mau usaha bengkel akan diarahkan kesana, begitupula bagi yang terlibat di usaha kedai kopi dan perbengkelan. Selain program ini, pihaknya berencana akan memberikan bantuan untuk membuka usaha potong rambut. “Ke depan kalau ada PADes kami arahkan untuk usaha potong rambut,”ujar dia.

Program pascarehabilitasi bagi eks pecandu narkoba ini, jelas dia, bentuk kolaborasi Desa Taman Ayu yang memiliki program Desa Taman Ayu BERSINAR (Bersih dari Narkoba) untuk memberikan peluang bagi eks pecandu berusaha. “Karena kalau mereka ada usaha maka mudah diawasi dan tidak lagi masuk ke dunia narkoba,” imbuh dia.

Dalam penanganan eks pecandu ini, pihak desa juga ke depan berkolaborasi dengan lembaga lain seperti Badan Ansor Anti-Narkoba (Baanar) termasuk GPAN. (her)