31.000 Kartu Tani BNI Siap Didistribusikan

0
Pemimpin BNI Mataram, Amirudin menunjukkan fisik Kartu Tani yang telah dipersiapkan untuk dibagikan.(Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk telah mempersiapkan 31.000 Kartu Tani yang akan akan didistribusikan di Kabupaten Lombok Timur. Rencananya, bulan depan kartu ini, tuntas dibagi kepada petani.

 

IKLAN

31.000 Kartu Tani ini, kata Pemimpin BNI Cabang Mataram sebagai pihak yang membawahi Pulau Lombok, akan didistribusikan sebagian besar kepada para petani di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

“Fisik kartunya sudah ada. Tinggal didistribusikan. Tim untuk pendistribusiannya sudah juga disiapkan,” kata Amirudin, Rabu, 22 Januari 2020.

Seperti diketahui,  Kartu Tani merupakan media penyaluran Bansos dan subsidi dengan menggunakan kartu multi fungsi yang dikeluarkan perbankan. Kartu Tani berfungsi sebagai kartu tabungan dan dompet/ e-wallet (Combo) untuk belanja.

Fitur tabungan yang tertanam dalam Kartu Tani merupakan simpanan berupa rekening bank yang dapat ditarik secara tunai dengan jenis produk TabunganKu. Adapun Fitur e-Wallet merupakan Simpanan uang elektronik yang dapat digunakan untuk belanja barang dan dapat digunakan untuk penyimpanan bantuan dan subsidi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan, Pendidikan, Gas, subsidi Pupuk dan Program Pemerintah Daerah.

Manfaat utama Kartu Tani adalah sebagai database petani yang akurat, Juga difungsikan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi pada agen pupuk. Dengan kartu tani tersebut distribusi pupuk bersubsidi dapat lebih terkontrol, karena akan tercatat secara real time – online dan dapat dipantau melalui sarana Dashboard yang telah disediakan.

Kartu Tani ini nantinya tidak saja difungsikan oleh petani sebagai fasilitas untuk penebusan pupuk subsidi. Fungsinya akan sama seperti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk penarikan uang tunai. Seluruh perangkat untuk penggunaan Kartu Tani ini kata Amir, juga telah disiapkan oleh BNI.

‘’Termasuk mesin EDC (Electronic Data Capture) di agen dan pengecer pupuk dan agen-agen BNI yang tersebar,’’ ujarnya.

Selain di Sembalun, BNI Cabang Mataram juga mendapat penugasan untuk menyalurkan Kartu Tani di Kabupaten Lombok Utara. Ada sekitar 1.000 petani. Para petani yang dipastikan akan mendapatkan Kartu Tani ini adalah petani-petani yang sudah terekap di electronic – Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang di update oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian.(bul)