3000 Personel Pol PP “Serbu” Mataram, Ada Apa?

Ilustrasi personel Pol PP. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sekitar 3.000 personel akan hadiri acara Rakornas Satpol PP yang ke-70 di Mataram. Menyambut kedatangan tamu dari berbagai daerah tersebut, Pemkot sudah menyiapkan pengawasan selama proses acara Rakornas pada awal Maret mendatang, antara lain dengan menutup ruas jalan protokol di Mataram.

“Kita selaku panitia, baik pemerintah kota dan provinsi sudah tetap bersinergi, saling komunikasi terus. Sampai pagi ini kita sudah lakukan pemasangan area gala dinner di Pendopo kota Mataram. Tinggal besok hari Sabtu penutupan beberapa ruas Jalan selama acara,” kata Kepala Satpol PP Kota Mataram, Bayu Pancapati, Kamis, 27 Februari 2020.

Iklan

Beberapa ruas jalan di Mataram kata Bayu, akan disterilkan dari kendaraan. Baik jalan Pejanggik dari Bank NTB menuju jalan protokol, dan sekitar Taman Sangkareang harus steril. Bukan hanya itu, jalan by pass dari Bandara BIZAM (bandara internasional Zainul Abdul Madjid) harus disterilkan sejak hari Sabtu, 29 Februari 2020.

“Karena di dekat BIZAM ada area penerimaan tamu juga di sana,” pungkasnya.

Acara Rakornas Pol PP ini jelas Bayu, pertama kali digelar di Mataram. Juga, pada acara nanti, turut hadir Menteri Dalam Negeri, Prof. Tito Karnavian beserta beberapa petinggi lainnya. “Di antaranya ada juga datang Pembina administrasi kewilayahan yang membawahi Direktur Pol PP, beserta protokolernya  juga turut hadir. Tim dari BPIP, dan beberapa di antaranya dari kampus IPDN juga hadir,” katanya.

Sejumlah Gubernur, Walikota dan Bupati di Indonesia juga hadir pada Rakornas Satpol PP mendatang. Karena, Rakornas Pol PP ini dirangkaikan dengab pemberian penghargaan ke beberapa Gubernur, Walikota dan Bupati oleh Kemendagri. “Gubernur Bali, Sumatra Selatan dan beberapa Walikota dan Bupati di daerah lain juga hadir,” tuturnya.

Selain menghadiri acara Rakornas nanti, para tamu undangan juga, rencananya akan melawat ke semua lokasi wisata di Mataram dan bagian lokasi luar Mataram lainnya. Karaena, informasi yang mereka terima, daerah NTB terkenal sebagai daerah wisata. “Di samping mereka ikut Rakornas juga mau berwisata di Mataram, jadi kita harus siap,” katanya.

“Karena destinasi kita di Mataram cukup banyak, mereka bisa berkunjung,” jelasnya. Sampai hari ini, tamu yang bakal hadir sekitar 3.000 orang. Satpol PP di masing-masing daerah di Indonesia datang bersama pejabat, kepala bidang dan kepala seksinya. “Satpol PP Jawa Timur paling banyak, sekitar 200 orang personel. Masing-masing daerah ada yang membawa 20 personel sampai 60 orang personel,” ujar Bayu.

Untuk kelancaran acara Rakornas Satpol PP ini, Bayu menghimbau peran serta warga kota Mataram menjaga kebersihan dan ketertiban. Sebagai kota yang nyaman, Bayu mencegah, jangan ada gesekan di sekitar lokasi acara. “Apapun itu,” katanya. “Karena tamu dari berbagai daerah yang datang. Kita tidak tahu watak mereka kan, ada yang keras ada yang lembut juga. Jadi, jangan sampai ada gesekan dan provokasi di sana,” tambahnya.

Untuk menjaga ketertiban, Kasatpol PP kota Mataram sudah koordinsasi dengan Polresta Kota Mataram, Kapolda NTB, dan TNI. Beberapa di antaranya juga, Satlantas akan lakukan pengamanan dan melakukan penutupan jalan di beberapa lokasi. “Dari tanggal 1-2 Maret itu pengalihan arus selama dua malam di Jalan Pejanggik. Makanya kita minta bantuan pengalihan arus dari teman-teman Polantas,” tutupnya. (viq)