300 PNS Pemprov Pensiun

Muhammad Nasir (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB mencatat sekitar 300 PNS yang pensiun pada tahun ini. Sekitar 20 persen merupakan guru dan 5 persen pengawas sekolah. Dengan banyaknya PNS yang pensiun, kekurangan guru di NTB semakin bertambah.

Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir mengatakan berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab dan ABK), Pemprov kekurangan 1.500 PNS. Sebagian besar, guru dan tenaga kesehatan.

Iklan

‘’Kita ingin pelayanan kesehatan bagus, anak-anak cerdas. Sehingga prioritas dalam usulan formasi CPNS adalah guru dan kesehatan. Karena dominasi kekurangan kita di situ,’’ kata Nasir dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 13 Juli 2020.

Selain kekurangan guru dan tenaga kesehatan, Nasir mengatakan Pemprov juga mulai kekurangan tenaga administrasi atau tenaga teknis tertentu. Dari 300 PNS yang pensiun tahun ini, lebih dari 100 orang merupakan tenaga administrasi.

Sementara, formasi yang diberikan Pemerintah Pusat setiap tahun tidak sampai 50 persen yang setujui dari usulan yang disampaikan. Misalnya, dalam rekrumen CPNS 2019, formasi untuk tenaga teknis tertentu yang diperoleh tidak sampai 20 persen.

“Coba dibayangkan yang pensiun sekarang tenaga administrasi lebih dari 100 orang. Yang sudah dan akan pensiun tahun ini hampir 300 orang. Tapi kita diberikan formasi hanya sedikit. Inilah faktanya,” katanya.

Mengatasi kekurangan PNS tersebut, salah satu solusinya adalah merekrut tenaga kontrak. Namun, kata Nasir, untuk merekrut tenaga kontrak, baik guru, tenaga kesehatan maupun tenaga teknis tertentu juga melihat kemampuan keuangan daerah.

‘’Kalau kita tak menghitung semua sisi, risikonya akan membebani keuangan daerah. Lebih banyak belanja pegawai daripada belanja publik, repor kita lagi,’’ katanya.

Untuk usulan formasi CPNS 2021, BKD berkoordinasi dengan Biro Organisasi Setda NTB. Hasil anjab dan ABK dari Biro Organisasi tersebut menjadi dasar BKD mengajukan usulan formasi CPNS ke Pemerintah Pusat.

Dari hasil kajian, itulah yang kita tuangkan dalam rencana usulan formasi. Usulan formasi kita buat kebutuhan riilnya. ‘’Tapi kembali lagi kepada kemampuan keuangan berapa. Itulah, makanya  formasi yang kita usulkan ndak sampai 50 persen disetujui,’’ jelasnya.

Data BKD NTB, total jumlah PNS lingkup Pemprov NTB saat ini mencapai 14.000 orang. Jika ditambah dengan tenaga kontrak jumlahnya mencapai 17.000 orang. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional