3.912 Peserta Ikuti Seleksi Jalur UM-PTKIN Daring

Kondisi pengawas ruang ujian online jalur UM-PTKIN berlangsung normal di era new normal. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram tengah melaksanakan seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Seleksi mulai dilaksanakan serentak secara nasional mulai, Senin, 3 Agustus 2020.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H. Masnun Tahir, menyampaikan kegiatan akan diselenggarakan selama 4 hari hingga 6 Agustus, seluruhnya dilaksanakan secara online dengan tiga sesi per hari sebagaimana jadwal yang telah ditentukan.

Iklan

Dalam hal ini, seluruh peserta secara normal akan mengikuti ujian secara online. Adapun tahapan proses ujian online ini sesungguhnya sama seperti ujian offline yaitu para peserta diberikan jadwal, hari, tanggal, dan sesinya.

“Semuanya dikerjakan dari rumah masing-masing dengan persyaratan dan ketentuan panitia,” urainya.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN ini secara keseluruhan diikuti oleh 3.912 peserta. Sebelumnya panitia telah melakukan simulasi ujian untuk memastikan kelancaran proses ujian yang digelar serentak, mulai dari kelengkapan perangkat, personalia sampai kelancaran jaringan internet.

Diakuinya, secara teknis menjelaskan, pelaksanaan UM-PTKIN secara online ini dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemi, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan secara offline.

Dia menyatakan bahwa berdasarkan kebijakan panitia pusat untuk UM-PTKIN ini dilakukan secara online agar protokol kesehatan dapat lebih terjamin untuk menghindari penyebaran Covid-19. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here