3.000 Hektare Lahan di Narmada dan Lingsar Masuk Kawasan Geopark Rinjani

Taman Wisata Narmada yang masuk kawasan Geopark Rinjani. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – 3.000 hektare kawasan di Lingsar dan Narmada masuk sebagai kawasan strategis nasional Geopark Rinjani. Sebagian daerah ini pun sudah disusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Geopark Rinjani Narmada Lingsar. Penyusunan RDTR kawasan inipun mendapatkan bantuan teknis yang didanai Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

‘’Selain dua kecamatan ini, Pemda Lombok Barat (Lobar) juga dibantu pusat untuk RDTR Kecamatan Batulayar. Sedangkan sisanya dua kecamatan yakni Gerung dan Labuapi dibiayai oleh pemda,’’ ujar Kepala Dinas PUPR Lobar Made Arthadana, Rabu, 14 Juli 2021.

Iklan

Dijelaskannya, Kementerian PUPR pun sudah menyusun RDTR, saat ini segera masuk pembahasan substansi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Dalam pembahasan pra lintas sektor, bupati pun diundang oleh kementerian, namun berhalangan, sehingga diwakilkan oleh sekda. Hasil rapat ini, dilanjutkan dengan pembahasan substansi. Setelah itu tuntas, dikembalikan ke daerah untuk dibuatkan peraturan bupati.

Wilayah cakupan dari kawasan Geopark ini sebagian Narmada dan Lingsar. Pihaknya kembali mengajukan bantuan teknis penyusunan RDTR Gerung, Kediri dan Batulayar. Namun, yang disetujui adalah untuk penyusunan RDTR Batulayar. Nantinya, kawasan ini akan dinamakan Kawasan Senggigi Batulayar, sehingga ada semacam kebijakan strategi nasional sebagai kawasan wisata.

Progres penyusunan RDTR ini lebih progfesif, yakni menuju penetapan deliniasi. Saat ini sedang proses pembahasan, karena tim sudah turun. Lalu diadakan rapat lagi untuk menetapkan kawasan. ‘’Dan surat bupati ke Kementerian ATR pun sudah diterbitkan untuk pengusulan kawasan Batulayar,’’ terangnya.

Pemda Lobar, jelasnya, hanya membiayai pembahasan penyusunan RDTR Gerung dan Labuapi. Saat ini tengah membahas untuk penyusunan RDTR dua kecamatan ini dan kesiapan dokumen dari dua kecamatan ini sudah 90 persen. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional