28 Pasien Positif Covid-19 Masih Dirawat di Sumbawa

H. Hasan Basri. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Sumbawa terus bertambah. Hingga Kamis, 6 Agustus 2020, total pasien positif yang masih dalam perawatan mencapai 28 orang. Baik pasien yang dirawat di rumah sakit maupun menjalani isolasi mandiri di rumah dalam pengawasan dan pemantauan puskesmas.

Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M membenarkan adanya 28 pasien positif covid-19 yang masih dirawat.  Dari jumlah ini 18 orang dirawat di rumah sakit dan 10 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Ada 18 yang dirawat di rumah sakit, 8 diantaranya di Rumah Sakit di Sering dan 10 di RSMA. Sedangkan 10 orang yang isolasi mandiri, 2 di Alas, 1 di Alas Barat dan 7 di Brang Kolong,” ujarnya, Kamis, 6 Agustus 2020.

Iklan

Dijelaskannya, 10 orang yang menjalani isolasi mandiri ini tidak memiliki gejala. Mereka dalam pengawasan dari puskesmas, TNI/Polri dan kepala lingkungan masing-masing. Penerapan isolasi mandiri ini juga diterima baik oleh masyarakat setempat. Bahkan pihak desa dan masyarakat juga bahu membahu membantu keperluan selama isolasi mandiri. “Mereka tidak ada gejala apapun dan masyarakat juga menerima. Sehingga diizinkan untuk isolasi mandiri. Selain itu tetap dalam pengawasn puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan juga kepala lingkungan. Jadi tetap diawasi dan masyarakat juga bahu membahu menbantu keperluan dari sadudara kita yang sedang isolasi. Ke depan, ini juga yang kita harapkan untuk desa-desa lainnya, tentu dengan pengawasan puskesmas. Ini baru bisa jika kita bergerak bersama-sama dan saling bahu membahu membantu. Semua kita ikut berperan,” harapnya.

Terhadap pencegahan covid-19, pihaknya berharap kepada semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Upaya ini sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumbawa. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here