24 Peserta Ikuti Babak Final Khat Qur’an

Mataram (suarantb.com) – Mata lomba Khat Qur’an yang memasuki babak final pada Rabu, 3 Agustus 2016, diikuti oleh 24 peserta yang lolos. Cabang mata lomba tersebut terdiri dari Naskah, Mushaf, Dekorasi dan Kontemporer.Masing-masing cabang mata lomba yang terbagi menjadi dua golongan yaitu putra dan putri. Tiap golongan terpilih tiga finalis yang antinya akan ditentukan sebagai juara 1, 2 dan 3.

Dewan Hakim dalam lomba Khat Qur’an, H. D. Siradjudin AR, mengatakan bahwa peserta yang mengikuti lomba Khat Qur’an tersebut mulanya sekitar 240 peserta. Dan total yang lolos ke babak final hanya 24 orang.

Iklan

“Ada beberapa provinsi yang tidak lengkap pesertanya, tapi hampir selurunya (provinsi se-Indonesia) mengirimkan (peserta),” ungkapnya ketika ditemui dalam acara final Khat Qur’an di Gedung Graha Bhakti Kantor Gubernur NTB.

Usia peserta mata lomba Khat Qur’an dibatasi maksimal 35 tahun. Namun Siradjudin menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti mata lomba tersebut umumnya dari kalangan pemuda-pemudi dan mahasiswa. “Rata-rata peserta usia muda, dan lebih hebat lagi umumnya peserta itu mahasiswa. Sehingga cara mereka berpikir serta mengolah ide dan kreatifitas itu sungguh luar biasa hebat,” ujarnya.

Tidak dapat diketahui secara pasti asal peserta yang lolos ke babak final tersebut, karena panitia hanya menyebutkan nomor urut peserta. Namun disebutkan bahwa terdapat finalis dari Kepulauan Riau dan dari pihak tuan rumah sendiri (NTB) diwakili oleh satu peserta pada mata lomba kontemporer putra.

Hanya mata lomba Khat Qur’an yang lombanya akan selesai di hari Rabu, 3 Agustus 2016. Disebutkan bahwa Khat Qur’an adalah lomba yang lombanya dilakukan dalam waktu tersingkat diantara lomba-lomba lainnya. Namun untuk pengumuman pemenang akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman lomba lain di akhir acara MTQN.

“Dilakukan penilaian dahulu, baru nanti diumumkan di akhir bersama lomba lain,” pungkasnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here