24 Desa di Sumbawa Rentan Alami Rawan Pangan

Syafruddin Nur. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sebanyak 24 desa di Kabupaten Sumbawa masuk dalam kategori rentan mengalami rawan pangan. Jumlah ini berdasarkan data peta ketahanan dan kerentanan pangan. Dari puluhan desa ini, 9 desa masuk prioritas 1, kemudian 6 desa prioritas 2, dan 9 desa masuk prioritas 3.

“Dari prioritas 1 sampai 3 ada 24 desa rentan pangan. Ke arah sana (rawan red).   Jadi dia punya barang kurang dari ideal konsumsi. Lebih banyak konsumsi daripada yang tersedia,” kata Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur.

Iklan

Dijelaskannya, dari 24 desa ini ada 9 desa yang kategori merah. Tersebar di Kecamatan Batu Lanteh, Plampang dan Kecamatan Orong Telu. Tetapi catatannya bahwa bukan seluruh KK yang ada di desa itu. Begitu juga di desa yang ketahanannya mantap, belum tentu juga semuanya tidak rentan. Karena ada enam indikatornya. “Ada enam indikatornya, jadi indicator itu bisa saja akses transportasi, jumlah tenaga medis dengan jumlah penduduk, ketersediaan air bersih juga, sarana pangannya, perbandingan luas lahan baku dengan luas wilayah. Itu indicator-indikatornya.

Terhadap data yang ada, pihaknya telah mengundang kepala desa untuk melakukan pertemuan. Sehingga diperoleh data kelompok masyarakat yang sangat terdampak membutuhkan bantuan. “Sistemnya pengadaan cadangan, kalau dulu fokus kepada korban banjir dan kebakaran, kita ingin lihat sesuai dengan amanat Perbup 43. Jadi kita ingin mencapai sasaran yang lebih luas lagi bukan hanya kebakaran dan banjir, tetapi mungkin miskin, stunting, gizi buruk dan lain sebagainya juga kita akan sasar. Insya Allah itu yang sedang kita lakukan,” terangnya.

Adapun terkait stok pangan, yang sedang dikelola pihaknya sebanyak 15 ton beras. Kemudian di tingkat Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), 40 ton beras. Sedangkan yang ada di Bulog, informasinya pada September lalu masih aman sampai 15 sampai 20 bulan ke depan.(ind)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional