22 Madrasah Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat KKM

Suasana siswa peserta  KSM sedang ikut lomba serangkaian HAB Kemenag Tahun 2021.  (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Guna menyemarakkan Hari Amal Bhakti (HAB ) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 75, seperti tahun-tahun sebelumnya digelar berbagai macam lomba dan kegiatan, baik akademik maupun bidang non akademik.

Salah satu kegiatan yang selalu menjadi agenda wajib dan mendapat sambutan hangat dari civitas madrasah dan pondok pesantren (ponpes) adalah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat KKM MTs Negeri 2 Lombok Tengah, Jumat, 18 Desember 2020.

Koordinator Acara L.Hamdan Fadli mengungkapkan kegiatan yang berlangsung di ruang laboratorium madrasah setempat, diikuti peserta dari 22 madrasah yang tersebar di empat kecamatan.

Dijelaskannya, KSM pada tahun ini melombakan dua mata pelajaran yaitu Matematika terintegrasi dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terintegrasi. Selanjutnya terkait mekanisme lomba, Wakil Kepala Bagian Kurikulum ini menjelaskan, karena persaingan peserta yang sangat kompetitif, lomba digelar beberapa sesi untuk mencari juara 1, 2 dan 3.

“Pada seleksi mata pelajaran matematika, dari seluruh peserta yang ikut, terdapat lima peserta yang nilai tertingginya sama,”paparnya.

Untuk mencari juara 1, 2 dan 3, kelima peserta kembali mengikuti seleksi berikutnya. Hasil seleksinya adalah dua orang peserta mendapatkan nilai tertinggi yang sama kembali, dan tiga peserta lainnya juga mendapatkan nilai yang sama pula. Selanjutnya dilaksanakan seleksi sesi ketiga, yakni dua peserta tertinggi diujikan untuk merebut juara 1 dan 2, serta 3 peserta berikutnya diujikan untuk mencari juara ke 3.

Sementara untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terintegrasi, Hamdan Fadli menyatakan, terdapat dua orang peserta dengan nilai tertinggi mendapatkan nilai yang sama. Selanjutnya kedua peserta tersebut mengikuti tes berikutnya untuk mencari juara satu dan dua.

Kepala MTsN2 Lombok Tengah Masdiono, di tengah-tengah kesibukannya sebagai Sekretaris HAB Kemenag tingkat kabupaten mengungkapkan, pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat KKM adalah kegiatan berjenjang yang harus digelar oleh seluruh satuan KKM yang ada di lingkup Kemenag Loteng.

Masdiono juga menjelaskan, juara satu, dua dan tiga dari masing- masing mata pelajaran, berhak mengikuti KSM tingkat kabupatenbupaten dan provinsi.

“Seperti mekanisme yang lazim dilaksanakan setiap tahun, untuk peserta yang berhak mengikuti KSM tingkat kabupaten dan provinsi, juara 1,2 dan 3 di setiap mata pelajaran berhak mendapatkan tiket untuk berlomba di tingkat yang lebih tinggi yaitu kabupaten dan juga provinsi,” ungkap Masdiono.

MahsunPanitia Kegiatan KSM menambahkan, mengkonfirmasi karena pelaksanaan seleksi yang sangat kompetitif dan dilakukan beberapa kali ulang, panitia dan pembina damping masing-masing peserta, bersepakat untuk melaksanakan seleksi berikutnya untuk mencari juara 1, 2 dan 3. (dys)