21 Januari, Pengumuman Pemenang Pilkada KSB

Denny Saputra. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) berisi daftar permohonan perselisihan hasil Pilkada serentak 2020. Di mana dalam buku tersebut, Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak terdaftar sebagai salah satu yang digugat.

Menindaklanjuti rilis dokumeb BRKP itu, KPU KSB pun kini bersiap menggelar penguman pemenang Pilkada. Di mana sementara ini KPU KSB telah menyusul jadwal sementara dengan menetapkan rencana mengumumkan pasangan calon pemenang Pilkada nanti pada 21 Januari ini. “Hasil rapat internal kami tadi menetapkan jadwal tentatif pengumuman paslon pemenang hari Kamis, pekan ini,” kata ketua KPU KSB, Denny Saputra kepada Suara NTB, Selasa, 19 Januari 2021.

Iklan

KPU KSB sendiri sengaja masih menyusun jadwalnya secara tentatif (sementara). Menurut Denny, meski MK telah mengumumkan BRPK itu pada 18 Januari. Tetapi sesuai aturan, KPU daerah yang melaksanakan Pilkada baru bisa resmi mengumumkan setelah menerima salinan resmi BRPK tersebut yang diteruskan oleh KPU pusat. “Kita sengaja juga buat jadwal lebih awal. Misalnya besok (Rabu) surat KPU pusat kita terima, kan Kamisnya bisa langsung kita eksekusi (umumkan) sesuai jadwal tadi,” urainya.

Mengenai persiapan pengumuman sendiri, Denny menyatakan, juga menjadi alasan pihaknya menyusul jadwal lebih awal. Sehingga mulai sekarang bisa melakukan berbagai persiapan sejak sekarang. “Setelah rapat internal tadi, kami sudah minta pihak sekretariat melakukan persiapan. Seperti tempat, membuat konsep undangan dan lainnya,” sebutnya seraya berharap surat KPU pusat mengenai tembusan BRPK MK itu segera diterimanya.

“Mudah-mudahan besok ya suratnya datang. Dengan begitu kita bisa langsung laksanakan tahapan terakhir proses Pilkada kita ini,” tutup Denny. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional