Rekanan Tarik Alat CT Scan di RSUD Sumbawa

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Salah satu rekanan penyedia PT Grasia Jaya Mulya yang menempatkan alat CT Scan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa resmi menarik alat tersebut setelah melakukan kerja sama sejak Februari tahun 2020.

“Tertanggal 10 Juni pelayanan CT Scan resmi ditiadakan di RSUD Sumbawa dengan alasan layanan tersebut tidak memberikan keuntungan bagi penyedia barang,” kata Kabag TU RSUD Sumbawa, Hermansyah kepada wartawan, Senin, 10 Juni 2024.

Dijelaskannya, RSUD Sumbawa bekerja sama dengan PT Grasia Jaya Mulya sejak tanggal 20 Februari 2020 lalu untuk penyediaan alat ST Scan. Namun di tahun 2021, terkendala Covid-19, sehingga pelayanan tersebut tidak maksimal.

“Tahun 2022 kita mulai meningkatkan pelayanan. Namun kenyataannya pelayanan itu belum memenuhi target yang tertera di MOU sebanyak 15 pemeriksaan per hari,” ucapnya.

Ia menambahkan, atas pertimbangan tidak memenuhi target kerja sama, maka beban biaya operasional penyedia yang tanggung. Hal ini tentu menjadi beban bagi penyedia, sehingga alat tersebut dicabut.

“Kita belum bisa memenuhi target tersebut (15 pemeriksaan) karena pemeriksaan kita di bawah angka itu, sehingga penyedia harus menanggung beban biaya operasional,” sebutnya.

Beban operasional yang ditanggung penyedia terhitung sejak tahun 2022. Atas kondisi itu, penyedia telah melakukan rapat manajemen dan memutuskan memberhentikan kerja sama dengan rumah sakit.

“Surat penghentian itu cukup mengagetkan rumah sakit, kita juga sudah mencoba melakukan komunikasi supaya CT Scan tersebut bisa dilanjutkan,” tambahnya.

Diakuinya, memang CT Scan di RSUD Sumbawa ini 128 slice. Sehingga cukup tinggi rumah sakit dengan klausul tipe C karena standar untuk tipe C yakni sebanyak 64 slice atau 32 slice. “Memang tidak cocok untuk rumah sakit Tipe C menggunakan 128 slice melainkan hanya 64 atau 32 slice saja,” timpalnya.

Terkait kondisi tersebut, pihaknya sudah bekerjasama sama dengan RSMA untuk melanjutkan pelayanan CT Scan. “Saat ini kami bekerja sama dengan RSMA. Ada MOU rujukan, ketika ada pelayanan CT Scan, kami akan merujuk ke pelayanan di RSMA,” tukasnya. (ils)