Ketua Forikan NTB Gerakkan Masyarakat Labuhan Haji Gemar Makan Ikan

0

Selong (Suara NTB) – Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dengan tema ” Makan Ikan Mencegah Stunting” di Lingkungan Pengaluran, Kelurahan Suryawangi, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur (Lotim), Senin, 10 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri Ketua Forikan NTB  Ir. Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi. Hadir juga Kepala Diskanlut NTB, Muslim, Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB Dra. Nunung Triningsih, dan Forikan Lotim.

Ketua Forikan NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi pada sambutannya menyampaikan tentang pentingnya makan ikan. Disampaikan bahwa ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan mengandung Omega-3 untuk perkembangan otak anak.  Selain itu mengandung protein, vitamin, mineral, serta memiliki kandungan kolesterol rendah.

Gerakan ini, ujarnya, bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan, sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas termasuk untuk menekan angka stunting, lebih khusus lagi diharapkan  adanya peningkatan  angka konsumsi ikan di Kabupaten Lombok Timur  dan NTB pada umumnya.

 Pihaknya berharap warga sekitar bisa membudidayakan peliharaan ikan kolam namun jangan dijual semua, tentu disisakan untuk dikonsumsi sendiri untuk pemenuhan gizi keluarga. Selain itu, ujarnya,  36% angka stunting di Lotim ini bisa ditekan dengan gerakan makan ikan ini.

‘ Di samping itu juga peran  Ibu-ibu PKK Lombok Timur untuk bisa gerak bersama untuk gerakan konsumsi ikan dan telur juga terus berinovasi bisa dikemas menjadi bakso dan lain-lain,’’ ujarnya.

Di akhir acara, Ketua Forikan NTB dan Ketua Forikan  Lotim melakukan penyerahan paket bantuan kepada Ibu-ibu posyandu berupa olahan ikan dan telur untuk gizi tambahan keluarga dan dilanjutkan dengan  peninjauan stand produk olahan ikan dan stand pelayanan kesehatan keluarga. (r)