Koalisi dengan Gerindra, PAN Usung Pasangan Haji Iron-Edwin di Pilkada Lotim

0

Mataram (Suara NTB) –  Partai Amanat Nasional (PAN) NTB resmi memutuskan mengusung pasangan H. Haerul Warisin dan Edwin Hadiwijaya (Iron-Edwin) sebagai Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati di Pilkada Kabupaten Lombok Timur 2024.

Rekomendasi dukungan dari DPP PAN tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DPW PAN NTB Muazzim Akbar kepada pasangan Iron dan Edwin di Kabupaten Lombok Timur pada Minggu, 9 Juni 2024. Pada kesempatan itu juga Muazzim menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN kepada Edwin Hadiwijaya.

“Ya tadi saya sudah serahkan rekomendasi dukungan dari DPP ke pasangan Haji Iron-Edwin. Dan saya katakan hari ini final, PAN mendukung pasangan Iron-Edwin,” tegas Muazzim saat dikonfirmasi wartawan.

Dengan telah terbitnya rekomendasi dukungan tersebut, selanjutnya akan diproses untuk penerbitan Surat Keputusan (SK) dalam bentuk B.1-KWK yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Muazzim mengatakan, PAN berkomitmen penuh mendukung kadernya untuk ikut bertarung dalam kontestasi politik, baik itu di pilkada tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. “Di mana pun partai itu yang diutamakan adalah kadernya. Dan hari ini Pak Edwin sudah menjadi kader (PAN),” tegasnya.

Disinggung terkait rekomendasi yang diberikan PAN sebelumnya kepada sejumlah pendaftar/bakal calon bupati yang lain. Muazzim menegaskan, sudah menjadi kewajiban partai untuk memberikan rekomendasi kepada siapa pun. Namun keputusan partai terhadap pasangan bakal calon yang diusung, mutlak dari hasil kesepakatan internal partai, dinilai dari sejumlah aspek.

“Memang itu kemarin semua kita berikan rekomendasi. Mau lima mau tujuh yang mendaftar kita kasih, untuk mencari pasangan. Tapi sampai hari ini yang bersangkutan, pasangan tidak ada, partai tidak ada. Jadi saya katakan hari ini final, PAN mengusung pasangan Iron-Edwin,” jelasnya.

Terpisah Haji Iron mengucapkan terima kasih atas dukungan dari PAN kepada duet Haji Iron-Edwin. Haji Iron mengaku sudah lama menjalin hubungan erat dengan PAN. Terlebih, PAN adalah salah satu partai yang berada di barisan Koalisi Indonesia Maju pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 yang lalu.

“PAN itu harus linier dengan apa yang menjadi isu dari pusat. Sehingga saya tidak pernah kaget dengan manuver di bawah,” kata politikus Partai Gerindra itu. Dengan dukungan PAN itu yang akan berkoalisi dengan Gerindra, pasangan Iron-Edwin sudah cukup memenuhi syarat jumlah kursi untuk mendaftar ke KPU sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Diketahui Partai Gerindra menjadi partai pemenang pada Pileg 2024 di Lombok Timur. Gerindra mendapatkan 6 kursi. Sementara itu, PAN mendapatkan 5 kursi, sehingga koalisi Gerindra dengan PAN itu memiliki 11 kursi. Sementara yang dibutuhkan untuk syarat pendaftaran ke KPU hanya 10 kursi. (ndi)