Investor Jepang Tandatangani Rencana Investasi PLTS 20 Megawatt di Lombok

0

Mataram (Suara NTB) – Bank Indonesia Perwakilan Tokyo dan Kedutaan Besar Indonesia di Jepang melaksanakan Indonesia Investment Forum pada hari Rabu, 5 Juni 2024 di kota Tokyo, Jepang. Sekretaris Dinas ESDM Provinsi NTB, Niken Arumdati dari Tokyo menyampaikan,  kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Ia juga mengapresiasi positif dukungan kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB terhadap pengembangan energi terbarukan termasuk dalam keikutsertaannya dalam forum ini. “Sebelumnya pada Indonesia Investment Forum tahun 2023 di Tokyo ada tiga proyek dari Provinsi NTB yang lulus kurasi, yaitu proyek biomassa, PLTS dan PLT Bayu atau pembangkit listrik tenaga angin,” jelas Niken  dihubungi dari Mataram, Kamis, 6 Juni 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan  di tahun 2024 hanya ada satu proyek dari NTB yang lulus kurasi yaitu PLTS 20 megawatt di Pulau Lombok. Selain itu juga ada 5 proyek lain yang lulus kurasi dan dipresentasikan yaitu dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Lampung dan Sulawesi Selatan. “Selain presentasi juga dilakukan pertemuan bisnis dengan 7 calon investor yang tertarik dimana satu di antaranya sudah setuju melakukan penandatanganan perjanjian LOI,” demikian Niken.

Perusahaan dimaksud adalah Matrix of Cyber Smarth City Concortium (MCSCC). Penandatanganan perjanjian LOI ini menurut Niken, akan dikawal terus bersama Bank Indonesia. (bul)