19 Pejuang Kampanyekan Pendidikan untuk Indonesia dengan Gowes 1.500 Km Jakarta-Lombok Utara

0

Mataram (Suara NTB) – 19 pesepeda penuh semangat mengayuh rute Jakarta-Lombok sepanjang 1.500 kilometer untuk melaksanakan event amal yang diselenggarakan oleh Grean Fly Cycling Team pada acara penggalangan dana yang dipersembahkan untuk 1.500 guru di Lombok Utara.

 

Sebanyak 19 pesepeda, yang disebut 19 ‘pejuang’, ini dilepas dari OCBC Tower, Jakarta Selatan, pada tanggal 25 Mei 2024. Menempuh waktu delapan hari untuk finish tanggal 1 Juni di Kantor Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

 

Lombok Charity Ride 2024 merupakan bentuk kerja sama dengan Perkumpulan IOA, sebuah organsasi non-profit yang mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia. Bagi IOA, penggalangan dana ini adalah sebagai bentuk untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

“Selain menggalang dana, Lombok Charity Ride juga bertujuan untuk menggaungkan kepedulian akan pentingnya kebangkitan pendidikan yang berkualitas, ekonomi yang kuat, dan destinasi wisata kelas dunia di Lombok Utara,” papar tim IOA pada buletinnya.

 

1.500 km ini dibagi menjadi delapan etape, dengan rute Jakarta-Cirebon-Ajibarang-Kebumen-Daerah Istimewa Yogyakarta-Sragen-Pasuruan-Banyuwangi-Pelabuhan Ketapang-Pelabuhan Gilimanuk-Padang Bai-Pelabuhan Senggigi-Lombok Utara.

 

‘Bu Nurhayati’, Legend Sepeda Indonesia Memimpin di Barisan Terdepan 1.500 km

 

Nurhayati, mungkin namanya sudah tidak asing di kalangan penggiat sepeda. Mantan pesepeda legenda yang akrab disapa Bu Nurhayati ini sempat menyabet gelar ‘Ratu SEA Games’ pada tahun 1997 karena capaian fantastisnya yang menyumbang lima medali emas, penyumbang emas terbanyak tahun itu untuk Indonesia.

 

Pada kesempatan ini, Nurhayati kembali diundang oleh Green Fly Cycling Team untuk memimpin delapan belas pesepeda lainnya bersepeda menuju Lombok Utara. Nurhayati memimpin peloton – nama untuk satu grup pesepeda yang bersepeda bersama – bersama dengan suaminya, Henry Setiawan legenda dalam kejuaraan balap sepeda.

 

Sebagai bentuk dukungan yang masif untuk spirit pesepeda Indonesia, Polygon Bikes sebagai salah satu merek sepeda asal Indonesia ikut andil dalam gowes amal tahun 2024 ini.

 

“Iya, kami ikut mendukung Lombok Charity Ride 2024,” ucap Veronica Vivin, brand marketing Polygon Bikes.

“Kami sangat senang ada semangat nasionalisme yang tumbuh dari legenda-legenda Indonesia. Dan kami senang hati mendukung agar bisa berkontribusi langsung untuk pendidikan di Indonesia. Semoga gowes amal ini bisa berdampak baik, tidak hanya di Lombok Utara, tetapi juga bisa menginspirasi lebih banyak lagi individu untuk mulai berkontribusi, walau mungkin terlihat kecil, untuk Indonesia.” ungkapnya.(*)