Perkuat Gerakan Literasi Lewat Pengukuhan Duta Literasi

0

Mataram (Suara NTB) – Sebagai upaya meningkatkan minat membaca dan menumbuhkan budaya gemar membaca bagi siswa dan guru, SMPN 11 Mataram menyelenggarakan pemilihan Duta Literasi tahun 2024. Kegiatan ini merupakan strategi untuk mendukung terwujudnya budaya kegemaran membaca siswa SMPN 11 Mataram, terutama partisipasi aktif siswa melalui pegiat literasi.

Literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan keterampilan, berpikir kritis dalam memecahkan sebuah masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang bisa mengembangkan potensi serta partisipasi dalam masyarakat.

Baca Artikel Lainnya …

Bapanas Minta Semua Pihak Optimal Serap Produksi Jagung Dalam Negeri

 

Kepala SMPN 11 Mataram, H. Azizudin mengatakan, Pemilihan Duta Literasi mampu memberikan inspiratif bagi siswa untuk meningkatkan kegemaran membaca dengan memanfaatkan Perpustakaan. Pengukuhan duta literasi ini dilaksanakan pada Senin, 20 Mei 2024 bertepatan dengan momen peringatan hari Kebangkitan Nasional. Duta literasi SMPN 11 Mataram yaitu duta baca putra Muhammad Thoriqul Jadid dari kelas 8C, dan duta baca putri Elsya Maharani Mardjun dari Kelas 8A.

Azizudin memasangkan selempang kepada dua siswa yang terpilih dan dikukuhkan menjadi duta literasi sekolah Senin kemarin. Pengukuhan yang dilaksanakan saat upacara bendera disaksikan oleh seluruh peserta upacara. Duta literasi mempunyai tugas dan peran untuk menjadi teladan bagi teman-temannya dalam membudayakan literasi.

“Dengan pendekatan teman sebaya, diharapkan upaya ini menjadi lebih efektif. Pemilihan duta literasi upaya untuk mengampanyekan budaya membaca, dan menjadikan literasi sebagai kegiatan rutinitas yang menarik, mengajak siswa untuk lebih rajin berkunjung ke Perpustakaan,” ujar Azizudin.

Pembina OSIS Mahestinia Sari, mengatakan, pemilihan duta literasi sekolah adalah program kesiswaan untuk meningkatkan gerakan literasi sekolah. Untuk proses pemilihannya dilaksanakan sebanyak tiga tahapan, yakni pendaftaran; Presentasi isi buku yang dibaca di depan seluruh warga sekolah dan Wawancara Jurnal bacaan yang dibuat.

“Jadi duta literasi diharapkan dapat berkontribusi untuk menyebarkan literasi melalui gagasan dan karyanya, sehingga literasi dapat tersebar,” harapnya. (ron)