Pemenang Duta Bahasa NTB Diharapkan Berkontribusi Majukan Bahasa dan Sastra Indonesia

0

Mataram (Suara NTB) –  Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan tahapan Penganugerahan Akhir Duta Bahasa NTB di salah satu hotel di Mataram, Rabu, 22 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang mengusung kebahasaan dan kesastraan di NTB.

Kepala Kantor Bahasa NTB, Puji Retno Hardiningtyas menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk memilih individu-individu terbaik yang akan menjadi ikon dan representasi dalam mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta juga melestarikan bahasa daerah di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.

Baca Artikel Lainnya …

Pj Wali Kota Bima : Akibat Menanam Jagung di Lereng, Kerugian Mencapai Rp2,2 Triliun

 

“Duta Bahasa diharapkan mampu menjadi teladan dalam berbahasa dan berperilaku, serta aktif mengampanyekan pentingnya bahasa sebagai identitas dan alat pemersatu bangsa,” jelasnya.

Selain itu, Puji Retno juga mengungkapkan harapannya untuk para finalis Duta Bahasa NTB. “Siapa pun yang nantinya akan menjadi perwakilan NTB, harus belajar dan berkembang untuk dapat membawa nama baik Provinsi NTB. Saya juga mengapresiasi keikutsertaan kalian dalam pemilihan ini,” ungkapnya.

Kegiatan dibuka secara resmi perwakilan dari Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj. Sumiyati. Dalam sambutannya, ia menyampaikan kontribusi  PKK dalam meningkatkan literasi generasi muda. “Kami juga telah berkolaborasi dengan berbagai instansi dan komunitas, seperti pengadaan buku untuk perpustakaan lingkup kecamatan dan kelurahan. Harapan kami, PKK juga dapat bersinergi dengan Kantor Bahasa Provinsi NTB dan Duta Bahasa dalam kegiatan literasi, kebahasaan, dan kesastraan,” ungkapnya.

Setelah serangkaian tahapan penilaian dan kegiatan pada Final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB, para dewan juri telah memutuskan para pemenang terpilih. Berikut ini Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2024 terpilih. Pemenang I, Gian Wahyu Pratama (Universitas Mataram) dan Pebriani Rahmania (Universitas Mataram). Pemenang II, Muh. Zainal Arifin Rizqi (Institut Pendidikan Nusantara Global) dan Nur Afni Rezkika (Universitas Mataram).

Pemenang III, Wage Fachri Jumadi (Universitas Mataram) dan Nanda Suci Ramadhani (Universitas Teknologi Sumbawa). Pemenang Favorit, Abu Rizal Kholid (Universitas Mataram) dan Irmaniah (STKIP Yapis Dompu).

Para Duta Bahasa yang telah terpilih akan mengemban tugas mengembangkan dan memajukan kebahasaan dan kesastraan di NTB. Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Duta Bahasa menjadi mitra kerja yang akan menggaungkan dan melaksanakan Trigatra Bangun Bahasa di NTB. (ron)