ASN di Dompu Diingatkan Soal Netralitas

0

Dompu (Suara NTB) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu melantik 24 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Dompu. Pelantikan ini menjadi awal tugas pengawasan dalam rangka mewujudkan Pilkada yang bermartabat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH pada acara pelantikan 24 orang anggota Panwascam se-Kabupaten Dompu di restauran Uma Tua Dompu, Jumat, 24 Mei 2024 mengingatkan tugas pengawasan itu dilakukan pada setiap tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak saat ini. Semua obyek menjadi tugas pengawasan dan dalam menjalankan tugas ada etik dan moral yang membatasi sebagai penyelenggara. “Anggota kami yang baru dilantik, mohon dilihat. Jika ada keliru, mohon diberitahu kami agar kami tidak menjadi sok mengawasi pihak lain,” pinta Swastari.

Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Dompu yang dihadiri juga oleh Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT., Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM, MMKes dan para Camat se-Kabupaten Dompu ini serta perwakilan Polres Dompu dan Kejakasaan Negeri Dompu ini, Swastari meminta dukungan dan kerjasamanya dalam menjalankan tugas. “Bawaslu tidak mungkin bisa lantang tanpa dukungan dan kerjasama dari semua pihak,” katanya.

Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada kinerja Bawaslu Kabupaten Dompu selama ini yang masih konsisten pada aturan hukum yang berlaku dalam menjalankan tugas pengawasan di daerah. Prestasi pengawasan yang sudah dibuktikan pada Pemilu 2024 lalu agar bisa dipertahankan. “Saya juga minta kepada semua anggota Panwascam untuk mengikuti aturan yang ada. Jangan sampai keluar dari real,” katanya.

Ketika Panwascam dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu di bidang pengawasan bekerja sesuai koridor yang sudah diatur, tidak memihak, akan menjadi awal lahirnya Pemilu yang damai dan bermartabat. Karena aksi protes dan keberatan itu muncul berangkat dari ketidak puasan, apalagi ketika melihat penyelenggarannya tidak profesional. (ula)