Wasev Mabes TNI Tinjau Progres TMMD Ke-120 di Dompu

0

Dompu (Suara NTB) – Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI meninjau program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di wilayah Kodim 1614/Dompu. Program TMMD yang didukung anggaran pemerintah daerah (Pemda) Dompu ini sepenuhnya dikerjakan oleh anggota TNI bersama masyarakat di desa sasaran.

Beberapa program fisik diantaranya pembangunan jembatan ekonomi, MCK umum, rehab mushallah, pembukaan jalan ekonomi, pembuatan gorong – gorong, bak sampah, sumur bor air bersih dan pembangunan lainnya. Tidak hanya pembangunan fisik, TMMD juga melakukan pembinaan pada masyarakat hingga pelajar dari bahaya narkoba.

Baca Artikel Lainnya…

PLN dan Pemkot Mataram Siap Bekerjasama Manfaatkan Limbah Batu Bara PLTU

 

Waster Panglima TNI, Laksamana TNI Werijon, M.Han saat diterima di Makodim 1614/Dompu, Selasa, 21 Mei 2024 menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Dompu yang telah mensuport dan melibatkan TNI dalam membangun daerah.

Tugas TNI tidak hanya berperang dan angkat senjata, tetapi juga untuk membantu pemerintah daerah dalam pembangunan. Sehingga kehadiran TNI dapat membantu memberdayakan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pembangunan dan memberantas kebodohan. “Karena beberapa tahun akan datang, musuh yang nyata bagi bangsa kita, bukan lagi berperang secara fisik, akan tetapi kekurangan bahan pangan, ekonomi, kelaparan dan keterbelakangan,” ingatnya.

Bupati Dompu, H Kader Jaelani pada kesempatan yang sama mengatakan, program TMMD selalu disuport dan didukung oleh pemerintah daerah bersama masyarakatnya. Karena dengan anggaran yang terbatas, bisa menyelesaikan berbagai persoalan di tengah masyarakat. Warga juga dilibatkan untuk berpartisipasi, sehingga tidak hanya asas manfaat yang dirasakan masyarakat, tapi kemanunggalan bersama TNI juga dirasakan.

“Mudah-mudahan Kodim 1614/Dompu bisa melakukan kegiatan serupa di tahun berikutnya, sehingga banyak lagi masyarakat terbantu dengan adanya program ini,” harap H Kader Jaelani.

Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, ST., MM sebelumnya menyampaikan, pembangunan fisik dalam program TMMD tahun 2024 di Desa Serakapi dan Madaparama Kecamatan Woja secara umum progresnya di atas 50 porsen, bahkan ada yang sudah seratus porsen. “Semua sasaran kegiatan TMMD ke-120 ini pengerjaannya hampir rampung, dan akan diresmikan saat penutupan TMMD nantinya,” katanya. (ula)