Sempat Turun, Harga Tomat Kembali Memuncak

0

Mataram (Suara NTB) – Beberapa komoditi pertanian mengalami kenaikan harga di pasaran. Salah satu yang paling melonjak adalah harga tomat. Saat ini, harga tomat berada di angka Rp30.000/kg, melonjak lima kali lipat daripada seminggu lalu yang harganya masih di angka Rp5.000/kg.

Sebelumnya, dua bulan lalu harga Tomat berada di puncak tertinggi mencapai Rp50.000/kg, namun harga Tomat kembali normal setelah dua minggu lebaran Idul Fitri.

Adapun kenaikan harga tomat yang naik turun ini tidak pernah semahal ini sebelumnya, seperti yang dikatakan oleh salah seorang pedagang di pasar Kebon Roek Mataram, Marwan bahwa tahun ini harga tomat mencapai harga tertinggi.

Baca Artikel Lainnya…

Pengusaha Perempuan NTB Dukung Rohmi-Firin di Pilkada NTB

 

“Tahun ini paling tinggi harga tomat, naik sekarang udah seminggu yang lalu, sekarang Rp30.000/kg, kemarin Rp5.000/kg,” katanya pada Selasa, 21 Mei 2024.

Ia menilai, kenaikan harga tomat ini karena petani tomat belum melakukan panen raya. “Dari petani ini, dia langka tomat, sekarang kan di Lombok Timur banyak yang panen padi sama tembakau,” lanjutnya.

Selain Tomat, beberapa komoditi pertanian lain juga mengalami lonjakan harga. Bawang naik harganya dua kali lipat. Kol juga demikian. Bunga Kol, Terong, dan Bawang Merah mengalami nasib serupa.

“Bawang bombai naik harga awalnya Rp35.000 sekarang Rp65.000, biasanya Kol Rp8.000-Rp.10.000, sekarang naik jadi Rp17.000,” ujarnya. (era)