PKB akan Keluarkan Rekomendasi Dukungan Cagub dan Cawagub NTB Akhir Mei

0

Mataram (Suara NTB) – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTB, Lalu Hadrian Irfani menyampaikan bahwa Surat Keputusan rekomendasi dukungan untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada NTB 2024 menargetkan akan diterbitkan akhir bulan Mei ini. Sehingga figur yang didukung tersebut bisa lebih cepat bergerak.

Demikian disampaikan Lalu Hadrian saat dikonfirmasi. “Untuk rekomendasi dukungan PKB di  Pilgub NTB, Insyaallah akhir Mei ini akan diterbitkan DPP,” ucap Hadrian kepada Suara NTB pada Selasa, 21 Mei 2024. Diketahui ada lima figur bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang sudah resmi mendaftar ke PKB. Mereka adalah Gubernur NTB periode 2018-2023, Dr. Zulkieflimansyah, mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal. Selanjutnya mantan Bupati Lombok Timur dua periode, Sukiman Azmy, Mantan Bupati Lombok Tengah dua periode Suhaili FT dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur Asrul Sani sebagai bakal Cawagub.

Baca Artikel Lainnya … 

Astra Motor NTB Umumkan Para Pemenang Kontes Layanan Honda Regional NTB 2024

 

Kelima kandidat yang sudah mendaftar di PKB tersebut bahkan sudah bertemu langsung dengan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar dan mengikuti pembekalan dari DPP PKB untuk mengikuti proses survei. “Sekarang tahapan survei sudah berjalan, setelah hasil survei keluar, DPP akan terbitkan rekomendasi,” ujarnya.

Ditegaskan caleg terpilih DPR RI dari Dapil NTB 2 itu, bahwa PKB tak ingin banyak membangun manuver politik dalam menentukan arah dukungannya. Jika sudah diyakini oleh DPP bahwa figur tersebut punya potensi untuk menang, maka DPP PKB akan langsung menerbitkan rekomendasi dukungan.

Diketahui untuk Pilkada serentak 2024 di wilayah Provinsi NTB, DPP PKB sudah menerbitkan tiga rekomendasi dukungan  pada tiga Kabupaten. Yakni Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Disebutkan oleh Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTB itu, figur yang ditatapkan DPP PKB sebagai calon Bupati di tiga daerah tersebut yakni. Untuk Pilkada Kabupaten Lombok Barat, DPP PKB merekomendasikan H Lalu Ahmad Zaini. Kemudian Lombok Utara  merekomendasikan, Dr H Lalu Mukhsin Muhtar, dan di Kabupaten Sumbawa Barat PKB merekomendasikan, H Amar Nurmansyah.

Hadrian menjelaskan bahwa keputusan DPP PKB tersebut dilakukan setelah melewati proses dan mekanisme internal. Salah satunya dengan melihat hasil survei masing-masing figur dan juga komitmennya untuk membesarkan PKB.

“Desk pilkada DPP PKB mengambil keputusan tersebut setelahmelalui rangkaian uji kelayakan dan kepatutan. Kemudian pendalaman visi misi, kapasitas dan elektabilitas para tokoh tersebut.
Keputusan tersebut juga mempertimbangkan hasil survei,” jelasnya. (ndi)