Harkitnas, Menkominfo Ingatkan Bonus Demografi untuk Pertumbuhan Ekonomi

0

Tanjung (Suara NTB) – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 diperingati di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Selasa, 21 Mei 2024. Wabup KLU Danny Karter Febrianto Ridawan ST., M.Eng selaku Inspektur, mengingatkan amanat pesan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI terkait pentingnya generasi Indonesia menguasai teknologi.

Wakil Bupati KLU, Danny Karter Febrianto Ridawan, di depan para peserta upacara mengungkapkan, Kebangkitan Nasional adalah penanda lahirnya zaman baru, pencetus cara berpikir baru, semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

“Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner, banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Dengan menguasai teknologi maka seseorang menguasai peradaban,” ujarnya.

Ia menyambung, detail gambarannya semakin jelas, dimana penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan untuk menyongsong Indonesia Emas. Di era sekarang, terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukan 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan berbagai inovasi baru bagi kemajuan pertumbuhan ekonomi.

“Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan, salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital,” katanya.

Sementara dalam aspek, sosial, dan ekonomi transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Selain itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Potensi-potensi tersebut tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap, perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7 persen untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2024.

“Tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama, kerja bersama dari komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti, hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan dampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air,” sambungnya.

Pada akhir amanatnya Wabup Danny mengajak untuk terus menatap masa dengan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dengan keyakinan, kemajuan telah terpampang di depan mata.

“Di titik inilah seluruh potensi dan sumber daya alam, bonus demografi, potensi transformasi digital, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” tandas Wabup. (ari)