Evaluasi Pj Gubernur yang Ketiga, Biro Pemerintahan Asistensi OPD

0

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., akan menjalani evaluasi triwulan ketiga dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 20 Juni 2024 mendatang. Sebelum evaluasi dilakukan, jajaran Pemprov NTB di bawah koordinasi Biro Pemerintahan Setda NTB melakukan asistensi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi kontributor terhadap laporan Pj Gubernur.

‘’Jadi kan Pj Gubernur ini dievaluasi setiap tiga bulan sekali. Dengan demikian menjelang setiap 3 bulan, ini kita masuk triwulan ketiga evaluasi Pj Gubernur, kita harus persiapkan bahan untuk pertanggungjawaban. Dan pada hari ini (Selasa, red) kita lakukan asistensi terhadap perangkat-perangkat daerah yang menjadi kontributor terhadap penyusunan laporan Pj Gubernur,’’ ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB Ir. H. Lalu Hamdi, M.Si., pada Suara NTB, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Artikel Lainnya …

 

Pj Wali Kota Bima : Akibat Menanam Jagung di Lereng, Kerugian Mencapai Rp2,2 Triliun

 

Menurutnya, pihaknya melakukan asistensi agar substansi yang akan dimuat dalam laporan Pj Gubernur sesuai dengan 106 indikator dan 10 substansi penting yang sudah ditetapkan Kemendagri. Menurutnya, 10 substansi atau faktor penting ini  sudah menetapkan 106 indikator untuk laporan Pj Gubernur ke Kemendagri.

‘’Yang pada intinya bagaimana kondisi saat ini dan apa-apa yang sudah dilakukan 3 bulan sebelumnya dan apa yang akan dilakukan 3 bulan berikutnya. Itu saja intinya untuk meng-update data sesuai dengan 3 bulan sebelum dan 3 bulan yang akan datang. Itu yang akan kita minta kepala OPD presentasi tadi,’’ terangnya.

Adapun faktor penting yang mesti diasistensi itu adalah terkait dengan inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, BUMD, program unggulan, pengangguran, pelayanan publik, perizinan, anggaran. OPD yang menangani menjadi atensi pemerintah pusat ini, ujarnya, sudah diasistensi sejak Senin dan Selasa kemarin sudah selesai.

‘’Kita kasih batasan OPD untuk menyerahkan hasil asistensi 7 hari ke depan untuk disusun, dikompilasi dan nanti kita edit walau nanti ada penyesuaian, karena kita akan laporkan dan dievaluasi pada bulan Juni. Jadi drafnya harus siap. Apa apa yang dicapai kita lihat dulu? Kalau dalam perjalanannya ada hal-hal baru, tentu akan menyesuaikan,’’ ujarnya.

Sebelumnya Pj Gubernur sudah menjalani evaluasi pertama pada tanggal 21 Desember 2023 lalu, evaluasi kedua tanggal 20 Maret 2024 dan evaluasi ketiga pada 20 Juni 2024. (ham)