Seorang Pria Diamankan, Diduga Curi Kotak Amal Masjid di Loteng

0

Praya (Suara NTB) – Seorang pria berinisial Y (48), Sabtu, 18 Mei 2024, ditangkap warga Desa Barejulat, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah (Loteng). Pria ini diduga mencuri uang di kotak amal milik Masjid Al Mukarram desa setempat. Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, terduga pelaku sementara diamankan di Mapolsek Jonggat.

Kapolres Loteng AKBP Iwan Hidayat, SIK melalui Kapolsek AKP I Nyoman Daweg, Sabtu siang membenarkan penangkapan terduga pelaku. Ia ditangkap warga setelah ketahuan mencuri uang yang ada di kota amal masjid desa setempat. “Terduga pelaku diketahui berasal dari Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim),” terangnya.

Dari keterangan awal yang diperoleh menyebutkan, saat itu sekitar pukul 10.00 Wita terduga pelaku melintas di Masjid Al Mukarram. Pelaku kemudian masuk ke area masjid dengan maksud mau buang air kecil. Saat itu situasi sekitar masjid cukup sepi. Tidak nampak ada warga disekitar masjid.

Saat hendak keluar halaman masjid, pelaku melihat ada kotak amal masjid. Niat jahat pun muncul. Menggunakan sebatang besi, pelaku kemudian merusak gembok kotak amal amal masjid. Tidak mau berlama-lama terduga pelaku langsung menggasak uang amal yang ada di kotak amal tersebut. Sejurus kemudian terduga pelaku langsung pergi meninggalkan area masjid.

Ketika keluar area masjid, datang seorang warga bernama Hafizudin. Curiga, warga tersebut langsung masuk ke area masjid untuk memeriksa keadaan. Benar saja, ketika memeriksa kota amal masjid, isinya sudah habis. Dengan gembok dalam kondisi rusak.

Tanpa berpikir panjang, ia kemudian keluar untuk mengambil sepeda motor dan langsung mencari terduga pelaku. Upaya pencarian tidak sia-sia, terduga pelaku ditemukan sedang berjalan di jalan Dusun Lengkok Pandan desa setempat. Bersama beberapa warga lainnya, saksi langsung mengamankan terduga pelaku.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga lantas menghubungi aparat kepolisian. Tidak lama berselang aparat Polsek Jonggat tiba dilokasi tempat terduga pelaku diamankan. “Begitu mendapat laporan warga, kami langsung menuju ke TKP. Untuk kemudian mengamankan terduga pelaku agar tidak terjadi aksi amuk massa,” terangnya.

Saat itu juga terduga pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Jonggat. Untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut. “Sementara kita amankan dulu, sambil diminta keterangan lebih lanjut,” tegas Daweg. (kir)