Lulusan SMKN 1 Lembar Langsung Diterima Kerja

0

Giri Menang (Suara NTB) – SMKN 1 Lembar melepas 88 siswa yang telah menamatkan pendidikan di sekolah tersebut. Pelepasan itu begitu istimewa karena dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, H. Aidy Furqan. Dan yang lebih membanggakan lagi, dari lulusan SMKN tersebut banyak di antaranya langsung diterima kerja di perusahaan-perusahaan besar, baik di luar maupun dalam negeri.

Kepala Dikbud NTB, didampingi Kepala SMKN 1 Lembar Achmad Quroni, M.Pd. Dan dihadiri para orang tua wali, mitra SMKN 1 Lembar dari pelaku Industri serta Dunia Kerja (Iduka) bersama segenap civitas SMKN tersebut. Kadis Dikbud NTB dalam kesempatan itu, mengapresiasi SMKN 1 Lembar yang telah meluluskan siswa-siswi terutama yang langsung diterima bekerja di Iduka. Ia berharap SMKN 1 Lembar menjadi sekolah yang transformatif di NTB dengan percepatan kerja dan link match dengan Iduka.

“Dan ini bisa dicontoh bagi sekolah (SMKN) lain di NTB,”jelasnya. Bahkan Kepala SMKN se NTB rencananya akan diundang ke SMKN 1 Lembar untuk melihat langsung seperti apa cara kerja dan hasil kerja di SMKN 1 Lembar.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Lembar mengatakan siswa yang dilepas ini merupakan angkatan ke 19 yang lulus tahun 2024 berjumlah 88 orang. 88 siswa ini terbagi dari lima jurusan, yakni Nautika Kapal Niaga, Nautika Kapal penangkap ikan, Teknika Kapal Niaga, Agribisnis perikanan laut dan Agribisnis perikanan air tawar.

“Alhamdulillah, dari 88 siswa yang lulus ini, ada 19 orang ditambah alumni 2 orang jadi 21 orang yang sudah masuk kerja, direkrut penempatan kerja di beberapa perusahaan. Jadi begitu mereka lulus langsung direkrut,”kata Quroni. Dikatakan,lulusan ini diterima kerja oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia. Pihak perusahaan langsung turun merekrut siswa-siswi di sekolah. Kedepan, pihaknya tentu lebih banyak meluluskan anak-anak yang bisa direkrut langsung oleh Iduka.

Bentuk upaya menyiapkan siswanya kedepan pihaknya telah membuka kewirausahaan dalam bentuk tambak udang, sebagai inkubasi bisnis bagi siswa kedepan ketika lulus dan terjun ke masyarakat serta dunia kerja. Menurutnya hal ini bentuk kongkret dari transpormasi kolaboratif antara sekolah dengan Iduka, sekolah dengan masyarakat. Pihaknya berterima kasih kepada mitra bisnis, industri yang telah bermitra serta investasi di SMKN 1 Lembar.

Ia menambahkan, pada acara pelepasan siswa di sekolah. Mereka diterima oleh orang tuanya. Sebelum lulus, mereka mengikuti kelas Industri selama setahun. Dan ikut program sertifikasi keterampilan dan keahlian yang dipersyaratkan oleh industri. Sehingga sebelum dan sesudah lulus langsung direkrut oleh industri. (her)