Ibu Negara Sambangi Stan Dekranasda NTB dan Belanja Tas Ketak Gentong

0

Solo (Suara NTB)-Stan Dekranasda NTB pada pameran peringatan HUT ke-44 Dekranas menarik perhatian Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (Jokowi). Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana berkesempatan membeli tas ketak gentong sebanyak tiga buah.

Bahkan, Iriana Jokowi langsung memakai tas yang merupakan produk khas Lombok tersebut. Selain itu, Ketum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin, Ketua Harian Dekranas, Ny. Tri Tito Karnavian, dan Selvi Ananda selaku Ketua Dekranasda Solo turut berbelanja di stan Dekranasda NTB.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda NTB Hj Lale Prayatni Gita Ariadi mengaku bersyukur dan bangga. Produk buatan asli NTB terbukti memiliki daya tarik yang memikat.

“Alhamdulillah Ibu Negara tadi berkunjung di stan Dekranasda NTB. Beliau tertarik dengan tas ketak, dan langsung membeli. Tadi tas itu tidak diberi ke ajudan, beliau bilang saya pakai langsung katanya. Jadi kita juga senang beliau langsung pakai tas buatan perajin NTB,” ungkap Pj Ketua Dekranasda NTB.

Bunda Lale juga menerangkan bahwa sempat berdiskusi ringan bersama Ibu Negara terkait berbagai produk kriya NTB. Terutama dengan kerajinan ketak NTB yang memiliki model sangat unik dan berbeda dari yang lainnya.

‘’Alhamdulillah sekarang ini, kita sudah bagus. Mudah-mudahan ke depan juga semakin baik lagi. Kerja sama NTB Mall dengan Dekranasda mantap,’’ ujarnya penuh semangat.

Pada pameran yang berlangsung di Pura Mangkunegara, Kota Surakarta itu, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) dan para Menteri yang hadir juga tidak ketinggalan berbelanja kerajinan di stan Dekranasda NTB.

NTB Kaya Potensi Kriya yang Unik dan Menarik
Semnetara itu Pj Gubernur NTB, Drs.H. Lalu Gita Ariadi, M.Si bersama Pj Ketua Dekranasda NTB, Hj Lale Prayatni Gita Ariadi menyaksikan langsung kirab budaya TP PKK dan parade mobil hias Dekranasda dalam rangka peringatan HKG PKK Ke-52 dan HUT Dekranas ke-44. Kegiatan ini berlangsung Rabu, 15 Mei 2024 , di Solo, Jawa Tengah ( Jateng).

Pada parade mobil hias NTB menampilkan kreatifitas bertema  “Kriya Unggulan NTB”, berhasil tampil memukau penonton. Tema tersebut merupakan representasi dari berbagai kebudayaan dan juga keindahan alam yang sangat luar biasa penghasil produk kriya unggulan.

Mutiara NTB yang menjadi primadona di dalam maupun di luar negeri juga turut ambil bagian dalam parade tersebut. Tidak hanya itu, kriya ketak dan budaya menenun yang menghasilkan wastra wastra terbaik NTB pun turut dipamerkan.

Dengan kerja keras juga di bawah bimbingan langsung Pj Ketua Dekranasda NTB, Bunda Lale, mobil hias NTB berhasil menyabet juara harapan 3 tingkat nasional dari 102 mobil hias yang ikut serta dalam parade tersebut.

Pj Gubernur NTB  merasa bangga dan terharu atas kerja keras seluruh tim dan leading sector terkait. Dengan keikutsertaan di event ini, kriya NTB dapat lebih dikenal oleh seluruh daerah di Indonesia bahkan dunia. ‘’Karena NTB sangat kaya akan hasil potensi kriya yang unik dan menarik, selain potensi pariwisata yang luar biasa. NTB Maju Melaju,’’ Gita memberi semangat.

Sementara itu, pagi hari sebelum pagelaran kirab budaya, Bunda Lale telah menghadiri puncak Syukuran HUT ke-44 Dekranas Tahun 2024 sekaligus peresmian pembukaan expo/pameran di Hotel Alila, Solo, Jateng.

Setelah pembukaan pameran itu, tenan NTB langsung diserbu pengunjung. Bahkan sebelum pembukaan pun produk-produk NTB telah banyak dibeli pengunjung. “Antusiasme terhadap produk NTB ini merupakan salah satu keberhasilan Dekranasda dalam meningkatkan kualitas juga pemasaran produk-produk NTB,’’ ujar Bunda Lale.

Turut mendampingi Pj Ketua Dekranasda NTB, Pj Ketua DWP Provinsi NTB, Salmah Alatas, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti dan pengurus Dekranasda Provinsi NTB. (rr)