SMKN 3 Mataram Hadirkan Guru Tamu Ajarkan Siswa Desain Grafis dan ”Air Brush”

0

Mataram (Suara NTB) –  Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 3 Mataram melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan dengan mengundang guru tamu dari Samurai Paint Indonesia untuk memberikan pelatihan pengecatan desain grafis dan air brush bagi siswa. Pelatihan itu digelar sejak Selasa, 14 Mei 2024 sampai dengan Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang siswa yang tampak begitu antusias mengikuti setiap sesi pelatihan.

Pelatihan ini dipandu oleh instruktur berpengalaman yang didatangkan langsung dari Samurai Paint Indonesia, Jakarta. Para instruktur memberikan pengetahuan secara mendalam. Praktik langsung mengenai teknik-teknik pengecatan desain grafis dan air brush yang sangat berguna bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan mereka di bidang teknik bisnis sepeda motor.

Kepala SMKN 3 Mataram, Sulman Haris menjelaskan, program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang pengecatan, yang merupakan salah satu keterampilan penting dalam industri otomotif. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam praktek sehari-hari serta meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

“Selama tiga hari pelatihan, para siswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga praktek langsung di bawah bimbingan para instruktur. Mereka diajarkan berbagai teknik pengecatan, mulai dari dasar hingga teknik tingkat lanjut, termasuk penggunaan air brush untuk menghasilkan desain yang kreatif dan inovatif,” jelas Sulman Haris.

Pelatih dari Samurai Paint Indonesia, Bibin Nugroho berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan keterampilan siswa dan menjadi bekal berharga bagi mereka dalam meniti karier di industri otomotif. “Pelatihan ini juga merupakan bagian dari komitmen Samurai Paint Indonesia untuk mendukung pendidikan vokasi di Indonesia dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknik bisnis sepeda motor,” ujarnya.

Samurai Paint Indonesia berharap para siswa dapat menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dan terus mengembangkan keterampilan yang sudah mereka dapatkan. Bibin berharap pelatihan ini menjadi awal dari kerja sama yang lebih intensif antara Samurai Paint Indonesia dan institusi pendidikan vokasi di masa depan.

Kegiatan pelatihan ini mendapatkan respon positif dari para siswa dan pihak sekolah. Kepala SMKN 3 Mataram, Sulman Haris menyampaikan, pihaknya akan terus memaksimalkan kolaborasi dengan industri dalam menyiapkan lulusan yang siap bersaing di tengah industri global.

“Kegiatan seperti ini adalah merupakan peluang yang baik, menjalin kemitraan, membangun kebersamaan sebagai sebuah upaya guru tamu untuk membuka wawasan peserta didik. Dan hal ini, akan dilaksanakan juga pada jurusan lain secara bertahap, tidak hanya pada jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor saja,” pungkas Sulman Haris. (ron)