Pilkada Kota Mataram, Tak Ada Calon Perseorangan

0

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram tidak ada menerima pendaftar dari calon perseorangan hingga masa penerimaan berkas administrasi ditutup. Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mataram dipastikan hanya diikuti melalui calon dari partai politik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Edy Putrawan dikonfirmasi pada Selasa, 14 Mei 2024 menegaskan, pendaftar dari jalur perseorangan sampai batas akhir penerimaan berkas administrasi tidak ada yang mendaftar. Artinya, pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mataram tahun 2024, nihil jalur independen. Berbeda halnya pada Pilkada tahun 2020 lalu, pasangan calon jalur perorangan mendaftar dan menyerahkan bukti dukungan. Akan tetapi, setelah melalui proses verifikasi faktual dan verifikasi administrasi dinyatakan tidak memenuhi persyaratan. “Pilkada sebelumnya ada yang mendaftar dari jalur perorangan, tetapi tidak memenuhi persyaratan setelah diverifikasi dan validasi berkas,” terangnya.

Baca Artikel Lainnya … 

Sport Tourism Menggeliat, Lapangan Golf Lombok Kosaido Akan Dilengkapi Hotel Bintang Empat

Selanjutnya, tahapan pendaftaran pasangan calon walikota dan wakil walikota hanya melalui partai politik. Edy menjelaskan, berdasarkan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) bahwa pasangan calon yang mendaftar melalui partai politik minimal memiliki syarat dukungan 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Kota Mataram. “Jumlah kursi di DPRD 40 kursi, maka minimal harus mengantongi delapan kursi,” sebutnya.

Pendaftaran walikota dan wakil walikota melalui partai politik akan dibuka mulai tanggal 27-29 Agustus 2024, akan tetapi diawali dengan pengumuman pembuka pendaftaran mulai tanggal 24-26 Agustus 2024.

Edy kembali menegaskan, pendaftaran calon walikota dan wakil walikota melalui jalur perorangan sudah ditutup, sehinggga lebih fokus mempersiapkan pendaftaran calon dari partai politik. “Kalau jalur perorangan kita sudah tutup buku. Sekarang fokus pada pendaftaran jalur partai,” demikian kata Edy. (cem)