Jelang Idul Adha, Harga Bapok Naik di Pasaran

0

Mataram (Suara NTB) – Menuju lebaran Idul Adha, beberapa harga bahan pokok naik di pasaran. Mulai dari daging ayam, telur, gula, bawang, bahkan beras mengalami kenaikan harga.

Dari semua bahan pokok tersebut, yang paling tinggi kenaikannya adalah daging ayam. Sebelumnya, daging ayam dijual Rp32.000-Rp35.000/kg, sekarang naik menjadi Rp42.000/kg.

Kabid Bakpoting kota Mataram, Sri Wahyunida mengatakan bahwa dari semua komoditas yang mengalami kenaikan harga, daging ayam yang paling tinggi kenaikannya hampir mencapai Rp10.000.

“Kami survey di beberapa pasar, harga ayam ini memang banyak yang menjual, stok kita banyak dagang ayam, tetapi memang permintaan untuk bulan ini sangat tinggi, salah satunya dikarenakan banyak Roah haji,” katanya.

Sri menjelaskan bahwa stok daging ayam di pasaran cukup banyak, namun kenaikan harga ayam ini disebabkan oleh permintaan masyarakat yang sangat tinggi.

“Banyak pasokan daging ayam, insyaallah tercukupi, ini kita antisipasi untuk Idul Adha, untuk pergerakan harga daging masih tetap normal,” lanjutnya.

Adapun harga telur juga mengalami kenaikan, dari awal tahun lalu telur tidak pernah mengalami penurunan harga, biasanya telur ukuran besar dijual dengan harga Rp54.000-Rp55.000/tray, kini harga telur ukuran besar mencapai harga Rp60.000.

Untuk mengatasi harga telur yang meninggi ini, Sri bersama jajaran akan melakukan kerjasama dengan distributor supaya masyarakat bisa membeli telur sesuai harga distributor.

Kemudian untuk komoditi Bawang, kenaikan harga bawang ini disebabkan karena belum terjadi panen raya bawang oleh petani, sehingga stok menipis dan mengakibatkan kenaikan harga. Biasanya, bawang merah dijual dengan harga Rp25.000-28.000/kg, kini dijual dengan harga Rp38.000/kg, beberapa minggu sebelumnya, harga bawang merah mencapai Rp40.000 lebih per kilogramnya.

“Pasokan kita belum mencukupi sesuai dengan yang konsumen inginkan, tetapi pasokan kita tetap ada, intinya untuk bawang merah belum terjadi panen raya,” ujarnya. Adapun untuk membantu masyarakat akan kenaikan harga Bapok ini, Bakpoting dan stakeholder terkait akan melakukan Bazar di bulan Juni nanti. (era)