20 Peserta Melaju ke Final Pemilihan Duta Bahasa NTB

0

Mataram (Suara NTB) –  Proses Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2024 telah mencapai tahap Taklimat Finalis 20 Besar, Senin, 13 Mei 2024. Pada kegiatan ini, para peserta mendapat arahan dari Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, panitia, dan tim UKBI untuk mempersiapkan tahap final. Sebanyak 16 finalis hadir langsung di Aula Cilinaya, sedangkan 4 orang mengikuti melalui Zoom karena sedang berada di luar Pulau Lombok.

Baca Artikel Lainnya … 

Antisipasi Kemarau Ekstrem, Pemkot Mataram Optimalkan Irigasi Perpompaan

 

“Perlu diketahui dan dipahami bahwa ajang Pemilihan Duta Bahasa bukan merupakan kontes kecantikan. Orang-orang yang kami cari adalah orang yang memiliki kecerdasan intelektual dan emosional, kemampuan bahasa Indonesia, asing, dan daerah yang kuat, serta memiliki program krida bahasa dan sastra yang relevan dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, seperti BIPA, UKBI, penginternasionalan bahasa Indonesia, dan perlindungan bahasa daerah,” ungkap Kepala Kantor Bahasa NTB, Puji Retno Hardiningtyas saat menguatkan para peserta dalam sambutannya.

Setelah pembukaan, para peserta bersama-sama mendaftar UKBI yang dipandu oleh Hartanto selaku Koordinator KKLP UKBI. UKBI menjadi salah satu komponen penilaian dalam penentuan pemenang. Para peserta diharapkan dapat meraih nilai yang tinggi dalam tes UKBI, karena nantinya nilai UKBI pemenang I akan diperhitungkan juga di tingkat nasional.

Selepas pendaftaran tes UKBI, panitia memberi arahan terkait persiapan tahap final. Selain itu, para peserta juga turut mengambil undian nomor urut yang akan digunakan selama karantina. Para peserta akan menjalani karantina dan melalui proses penilaian yang panjang untuk menentukan siapa pemenang Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2024. (ron)