Warga Berhamburan Keluar Rumah, Plafon Kantor Dispora Lobar Jatuh Akibat Gempa

0

Giri Menang (Suara NTB) – Gempa mengguncang daerah Lombok Barat (Lobar) dan sekitarnya, Selasa 14 Mei 2024 sore. Dampak gempa bermagnitudo 5,5 tersebut, mengakibatkan warga berhamburan ke luar rumah. Selain itu, menyebabkan kerusakan plafon Kantor Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) yang berada di lingkungan kompleks perkantoran Pemkab Lobar.

Pantauan Suara NTB, gempa bumi yang bersumber di 21 kilometer Barat Laut Mataram NTB terjadi Selasa, 14 Mei 2024 sekitar pukul 16.00 WITA lebih tersebut, mengagetkan para pegawai yang masih bekerja di kompleks perkantoran Pemkab Lobar.

Seperti di Kantor Sekretariat DPRD Lobar, tampak para pegawai berhamburan keluar menyelamatkan diri. Ada beberapa orang di antaranya mengontak kelaurga di rumah untuk menanyakan kondisi keluarganya.

Kerusakan akibat gempa tersebut,terjadi di kantor Dispora. Pada bagian plafon ruangan lobi kantor tersebut jatuh akibat guncangan gempa.

Dikonfirmasi terkait kerusakan tersebut, Sekretaris Dispora Kartono Hartoyo, mengaku dampak gempa merusak plafon atap ruangan lobi di kantor tersebut. “Ya plafonnya kena (rontok) bagian ruangan lobi,” katanya.

Plafon yang rusak tersebut kondisinya memang sebelumnya bocor, sehingga ketika diguncang gempa mudah jatuh. Untuk perbaikan atau pemeliharaan kantor tidak ada anggarannya. Bukan saja Dispora, namun hampir semua OPD tidak ada anggaran pemeliharaan. Sehingga kondisi kantor kurang terawat. Jangankan pemeliharaan, penerangan kantor juga minim sekali, sehingga kondisinya gelap.

Pihaknya akan berupaya mengusulkan kembali untuk anggaran pemeliharaan dan perbaikan kantor. Sebab sejauh ini, yang dialokasikan hanya sebatas untuk biaya listrik dan air. “Sedangan untuk pemeliharaan tidak ada,”aku dia.

Kantor Dispora sendiri, merupakan eks Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Lobar. PPLP ini dipakai menjadi kantor Dispora semenjak OPD ini ada beberapa tahun silam. (Her)