Tiga Orang Berusia 88 Tahun, 388 JCH Lobar Diberangkatkan Perdana ke Tanah Suci

0

Giri Menang (Suara NTB) – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Lombok Barat (Lobar) mulai diberangkatkan ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Sebanyak 388 JCH yang masuk kelompok terbang (kloter) 3 dilepas di Bencingah Agung Kantor Bupati. Pemberangkatan JCH dari Lobar ini merupakan perdana. Dari 388 JCH tersebut, tiga orang di antaranya, berusia 88 tahun dan JCH termuda usia 19 tahun.

Kepala Kantor Kementerian Agama Lobar Drs. H. Haryadi Iskandar, mengatakan, pemberangkatan perdana JCH asal Lobar ini masuk kloter 3 penuh. “Sebanyak 388 jamaah diberangkatkan kloter 3 dari Lobar, kloter penuh,” katanya, kemarin.

JCH yang diberangkatkan pada pukul 21.00 dari Bencingah Agung ke Asrama Haji Mataram. Jamaah ini didampingi oleh 1 petugas pembimbing ibadah haji, 1 orang petugas kloter, ditambah 1 orang petugas pembimbing dari daerah dan tiga orang tanaga medis, terdiri dari satu orang dokter serta dua orang nakes.

Apakah ada yang batal berangkat? Dikatakan, sampai hari H pemberangkatan, belum ada jamaah yang batal berangkat. Dari datanya, 388 orang jamaah tersebut banyak yang lansia. Dengan rincian, Jamaah lansia berusia kurang lebih 65 sebanyak 78 orang. “Usia paling tua pada Kloter 3 ini, umur 88 tahun sebanyak 3 orang, yakni atas nama Gunasih Muin asal Gunungsari, Sumarti Saleh Suhaili asal Narmada dan Lemah Naim Muin dari Narmada,” sebutnya.

Jamaah Calon haji termuda berusia 19 tahun atas nama Taopik Hidayat asal Lingsar. Kemudian ada 11 orang jamaah yang menggunakan kursi roda dan 57 orang di antaranya kategori berisiko tinggi. Yang perlu menjadi perhatian jamaah dan sudah diimbau pihaknya, khusus bagi Lansia diminta membawa kursi roda, sehingga begitu naik pesawat sudah siap. Sehingga sampai di Jeddah, tidak lagi repot-repot. Begitu juga dengan obat-obatan diminta untuk dibawa.

Lebih lanjut dikatakan untuk total jamaah calon haji yang berangkat tahun ini menunaikan ibadah haji, sebanyak 753 orang. 753 ini diberangkatkan bertahap, ada yang masuk Kloter campuran di tiga kloter, yakni kloter 7, 9 dan kloter 13. Dimana jadwal pemberangkatan sudah ditetapkan, “jamaah tinggal siap-siap diberangkatkan sesuai jadwal,”ujarnya. (her)