SMKN 7 Gelar Pelepasan dan Perpisahan Siswa Kelas XII

0

Giri Menang (Suara NTB) – SMKN 7 Mataram mengadakan perpisahan sekaligus pelepasan siswa Kelas XII  tahun pelajaran 2024 di Hotel Jayakarta, Lombok Barat, Rabu, 8 Mei 2024. Siswa yang dilepas  pada tahun ini adalah sejumlah 354 siswa yang terbagi menjadi beberapa kompetensi keahlian di antaranya, kompetensi keahlian Multi Media, kompetensi keahlian Bisinis Daring dan Pemasaran, Busana Butik Akuntasi dan Keuangan Lembaga, Lembaga Perbankan Syariah, Manajemen Perkantoran dan Desain Komunikasi Visual.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat  – Mataram yang diwakili Ulil Amri, S.Kom., MM.Pd, M.Pd. Ketua Komite SMKN 7 Mataram serta seluruh Dewan Guru dan Staf Tata Usaha SMKN 7 Mataram  dan tentu yang paling berbahagia saat itu siswa siswi kelas XII yang melakukan perpisahan.

Baca Artikel Lainnya … 

Canggihnya RTR di Sikur Lombok Timur, Beras Asalan Bisa Diolah jadi Beras Standar SNI

Kepala SMKN 7 Mataram  Drs. Artawan,  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu yang hadir, karena kehadirannya menambah spirit bagi seluruh keluarga besar SMKN 7 Mataram untuk berbenah, baik itu penambahan kualitas mutu guru maupun kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang ada di SMKN  7 Mataram.

Menurutnya, anak anak SMK  adalah anak anak yang memiliki keahlian, sehingga mereka sudah siap untuk masuk di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), karena di samping telah dibekali dengan kemampuan secara teoritis juga dibekali kemampuan praktik lapangan. Siswa Kelas XII yang dilepas ini telah melakukan pemagangan selama 6 bulan lebih di berbagai tempat baik yang ada di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah bahkan ada yang melakukan pemagangan di Pulau Bali dan di Jakarta.

‘’Dan yang paling membanggakan bagi kami adalah tidak sedikit dari siswa yang dilepas hari ini telah diterima bekerja di DUDI yang seseaui dengan keahlian yang digeluti di sekolah,’’ ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengingatkan kepada para siswa yang dilepas untuk menjaga nama baik almamaternya, nama baik diri dan keluarganya. ‘’Ceritakan hal hal yang positif untuk SMKN 7 Mataram, namun jika ada hal hal yang tidak disukai di sekolah, maka simpan lah itu sebagai sebuah cerita dan pada suatu saat nanti kembali ke sekolah berbagi pengalaman sesama alumni SMKN 7 Mataram,’’ pesannya.

 Sementara itu, Ketua Komite SMKN 7 Mataram Kamaruddin, M.M, yang mewakili orang tua siswa menyampaikan ucapan terima kasih  yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran SMKN 7 Mataram yang dengan tulus ikhlas meluangkan waktu memberikan pendidikan kepada anak yang belajar di sekolah.

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf, karena selama belajar, anak anak telah melakukan hal-hal yang kurang berkenan. ‘’Karena kami sadar, anak anak kami dalam proses pencarian jati diri. Sekali lagi atas nama orang tua, kami memohonkan maaf,’’ ujarnya.

 Qubaela Pajria dari Perwakilan Kelas XII MM yang didaulat untuk menyampaikan kesan dan pesan dalam acara itu menyatakan terima kasihnya pada seluruh guru dan semua komponen yang ada di SMKN 7 Mataram  yang telah mengajarinya tentang ilmu dan indahnya kebersamaan diskusi dalam menyelesaikan perbedaan  serta siap menghadapi tantangan masa depan.

Salah seorang Guru SMKN 7 Mataram Akhmad Ramli S.H., S.Pd., menyatakan perpisan kelas XII kali ini adalah perpisahan yang luar biasa baik dari segi acara maupun tempatnya selain itu pula perpisahan ini tanpa adanya vandalisme atau coret coret, karena siswa putra menggunakan jas almamaternya dan siswi putri menggunakan kebaya. (ham)