Korem 162/WB dan Jajaran Gelar Audit Kinerja dari Itdam IX/Udayana

0

Mataram (Suara NTB) – Komandan Korem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., menerima tim Audit Kinerja Itdam IX/Udayana dan rombongan di Command Center Makorem jalan Lingkar Selatan, Senin (13/5/2024).

Tim Audit Kinerja Itdam IX/Udayana dipimpin langsung Inspektorat Kodam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Harfuddin Daing, SE., M.M., bersama rombongan tiba di Makorem dan disambut Danrem 162/WB bersama Kasrem 162/WB Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung dan para Kasi Kasrem 162/WB di Lobi Makorem.

Baca Artikel Lainnya …

Bulog jadi Tumpuan Pasar Petani Jagung Saat Panen Raya di Pulau Sumbawa

 

Dalam sambutan taklimat awalnya, Danrem 162/WB mengucapkan selamat datang kepada tim Audit Kinerja Itdam IX/Udayana di wilayah Korem 162/WB. Tim Audit Kinerja Itdam IX/Udayana akan melakukan audit di Makorem 162/WB, Kodim jajaran, Yonif 742/SWY dan Balakajudam dengan sasaran pelaksanaan Program TA. 2023 dan 2024.

Fungsi pengawasan internal merupakan suatu bentuk sarana pengendalian organisasi dalam suatu sistem manajemen organisasi modern yang senantiasa harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, sehingga kehadiran tim audit ini diharapkan dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan dan kesalahan berulang yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan.

Agus Bhakti juga menyampaikan bahwa Korem 162/WB saat ini merupakan salah satu dari 20 satuan yang diajukan oleh Mabes TNI AD untuk mengikuti penilaian dan seleksi di tingkat Mabes TNI untuk meraih predikat Wilayah Transformasi dan Reformasi Birokrasi (WTRB) dari Kementerian PAN RB RI. Untuk itu, melalui kegiatan pengawasan ini, ia mengingatkan kepada para Staf Korem 162/WB dan jajaran agar memanfaatkan kegiatan itu dengan sebaik-baiknya.

“Apabila tim audit menemukan kelemahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan program kerja, maka satuan harus berkoordinasi dengan tim audit, segera lakukan perbaikan atau koreksi secara berjenjang sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan introspeksi dalam upaya penyempurnaan kegiatan maupun sebagai pedoman bagi pelaksanaan program kerja,” tutupnya.

Sedangkan Irdam IX/Udayana dalam sambutannya kegiatan pengawasan merupakan bagian dari manajemen modern, sebagai sarana pengendalian kegiatan organisasi yang dititikberatkan pada kegiatan konsultasi untuk berusaha merubah menjadi lebih baik, sehingga mulai hari ini Itdam IX/Udayana sesuai dengan tugas pokoknya yaitu membantu Pandam IX/Udayana di bidang pengawasan umum serta pengawasan perbendaharaan terhadap satuan jajaran Kodam IX/Udayana dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas.

Dijelaskannya, kegiatan Audit Kinerja Itdam IX/Udayana di wilayah Korem 162/WB akan dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai dengan 23 Mei 2024, dengan tujuan untuk melihat program kerja dan anggaran satuan jajaran Kodam IX/Udayana dapat dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program kerja satuan.

Harfuddin Daing juga mengimbau seluruh pimpinan satuan untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis, saling ada keterbukaan, saling percaya dan komunikasi timbal balik yang baik untuk bersama-sama menjaga nama baik Kodam IX/Udayana sesuai bidang tugas masing-masing.

Usai pernyataan taklimat awal, tim Audit Itdam IX/Udayana langsung melaksanakan pemeriksaan program kerja dan anggaran masing-masing staf dan bagian. (ham)