1.230 Ekor Sapi Potong Dikirim ke Jakarta untuk Hewan Kurban

0

Dompu (Suara NTB) – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu berhasil memfasilitasi pengusaha peternakan sapi dalam mengirimkan sekitar 1.230 ekor sapi potong ke Jakarta dalam sebulan terakhir. Sapi potong ini untuk kebutuhan hewan qurban tahun 2024 dan berpeluang terus bertambah.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, MSI kepada Suara NTB, Senin, 13 Mei 2024 mengungkapkan, pengiriman sapi potong untuk kebutuhan hewan qurban wilayah Jakarta dan sekitarnya masih akan terus terjadi. Hingga saat ini, sudah 1.230 ekor sapi potong yang terkirim ke Jakarta untuk kebutuhan hewan qurban dalam sebulan terakhir.

Baca Artikel Lainnya … 

Terkena Serangan Burung, Pesawat Citilink Rute Lombok-Denpasar Putar Balik

 

“Harga sapi potong tahun ini juga  lebih kompetitif dibandingkan tahun sebelumnya. Ini  yang perlu kita jaga agar para pengusaha dan peternak mendapatkan keuntungan dari usaha usahanya,” kata Muhammad Abduh.

Muhammad Abduh juga mengatakan, pengiriman ternak untuk kebutuhan hewan qurban ini akan terus dievaluasi untuk menghindari barang lebih banyak dari kebutuhan pasar hewan qurban di Jakarta dan sekitarnya. Sehingga surat permintaan dari daerah asal akan terus dikoordinasikan untuk menghindari kelebihan pengiriman barang. “Pengiriman ternak potong sangat bergantung dari permintaan daerah penerima. Itu yang kita awasi dengan ketat,” katanya.

Selain itu, Dinas Peternakan juga akan menghindari pengiriman ternak potong ke Jakarta menjelang masa lebaran Idul Adha. Karena akan menyulitkan bagi pengusaha dalam memasarkan ternaknya saat sampai ke Jakarta dan sekitarnya. “Kalau dikirim lebih awal, para pengusaha memiliki waktu yang cukup untuk memasarkan ternaknya,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengiriman ternak potong ke luar daerah untuk ternak asal Kabupaten Dompu tahun 2024 ini sebanyak 11 ribu ekor. Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan tahun 2023 yang hanya dialokasikan 6 ribu ekor. Pengiriman ternak asal Kabupaten Dompu ini tidak hanya ke Jakarta, tapi juga ke wilayah Kalimantan, dan Sulawesi. (ula)