Wujudkan Pelaku UMKM Naik Kelas, Diskop Lobar Gelar Pameran UMKM

0

Giri Menang (Suara NTB) – Pemkab Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Koperasi dan UMKM mengadakan Bazar UMKM dan Perluasan Jaringan Usaha Mikro di Pantai Tanjung Bias, Batulayar, Lobar, Jumat, 10 Mei 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemkab Lobar bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Bazar ini dibuka oleh  Penjabat (Pj) Sekda Lobar H. Fauzan Husniadi dan dihadiri Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Asisten II dan III Setda Lobar, Kepala Dinas Koperasi Lobar M Hendrayadi, sejumlah Kepala OPD dan masyarakat setempat.

Baca Artikel Lainnya … 

Sport Tourism Menggeliat, Lapangan Golf Lombok Kosaido Akan Dilengkapi Hotel Bintang Empat

 

Pj Sekda Lobar H. Fauzan Husniadi mengatakan, kegiatan ini sangat diperlukan untuk menguatkan jaringan dan konsolidasi UMKM agar dapat maju dan naik kelas. Tentunya hal ini sejalan dengan jargon Lobar Sigap yang saat ini menjadi semangat bagi Lobar dalam melaksanakan program pembangunan.

“Kami berharap agar UMKM Lobar semakin maju dan naik kelas. Tentunya hal ini seirama dengan semangat dan jargon Lombok Barat Sigap dalam ikhtiar memaksimalkan program pembangunan di Lobar,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Pj Sekda juga menyampaikan bahwa UMKM di Lobar telah menggunakan sistem digital dalam pemasarannya. Diharapkan hal ini dapat memperluas jaringan pemasaran UMKM. Ia juga berharap agar Kementerian Koperasi dan UKM dapat terus mendukung kegiatan seperti ini di waktu yang akan datang.

 Sementara itu Deputi Bidang Usah Mikro yang diwakili oleh Analis Kebijakan Madya Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Alfi Zahra menyampaikan perluasan jaringan usaha mikro sangat dibutuhkan untuk mendorong UMKM naik kelas. Hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan sistem digital atau digitalisasi pada UMKM.

Hal ini menyesuaikan dengan tuntutan zaman yang sudah serba digital dan cepat. Ia juga mengapresiasi kegiatan bazar UMKM dan Perluasan Jaringan Usaha Mikro yang diselenggarakan di kawasan wisata Tanjung Bias.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lobar M.Hendrayadi menyampaikan kegiatan Bazar UMKM ini diharapkan dapat menguatkan konsolidasi dan persatuan UMKM di Lobar.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong UMKM Lobar semakin maju dan naik kelas. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak utamanya Kementerian Koperasi dan UKM atas dukungan penuh dalam kegiatan in,” harapnya.  (her)