Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, KPU Kota Mataram Ajak Masyarakat Berpartisipasi

0

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram resmi meluncurkan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Mataram yang akan digelar pada 27 November 2024. Peluncuran tersebut merupakan langkah awal untuk memulai tahapan Pilkada. Meski beberapa tahapan lainnya sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Peluncuran tahapan Pilkada ini penting dilakukan untuk memberi tahu masyarakat selain pemilu ada juga Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 27 November 2024,” kata Ketua KPU Kota Mataram, Edy Putrawan saat peluncuran tahapan pemilihan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Mataram pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Baca Artikel Lainnya … 

Bale Mangrove, Daya Tarik Ekowisata dan Edukasi di Lotim Bagian Selatan

 

 

Ia menegaskan bahwa pesta demokrasi lima tahunan ini merupakan pesta rakyat untuk bisa memilih pemimpin di Kota Mataram. Untuk itu, dalam menyongsong pilkada tersebut, pihaknya mengajak semua masyarakat di Kota Mataram untuk terlibat berpartisipasi menyukseskan tahapan Pilkada di daerah itu dengan riang dan gembira.

“Kami mengajak semua elemen untuk terlibat dan berpartisipasi di Pilkada Kota Mataram pada 27 November 2024. Sebab, pilkada ini untuk semua warga kota dan semua elemen, bukan hanya untuk elit saja,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya, prinsip pemilu bukan kegiatan KPU sebagai penyelenggara saja, tapi juga menjadi kegiatan untuk semua pihak. Terlebih lagi, Kota Mataram sebagai episentrum Ibu Kota Provinsi NTB, karena semua suku ada di Mataram.

“Ini yang menjadi satu kebanggaan kami untuk pilkada sesuai tema yang kami angkat Pilkada Kota Mataram untuk semua dan Pilkada Kota Mataram untuk Indonesia, karena Mataram sebagai episentrum karena semua suku ada di sini,” katanya.

Sementara itu Walikota Mataram, Mohan Roliskana yang ikut hadir dalam peluncuran Pilkada Kota Mataram itu, secara khusus meminta KPU Kota Mataram agar mampu menciptakan suasana pilkada yang penuh dengan rasa suka cita dan riang gembira. “Kami berharap KPU menghadirkan pilkada ke depan bisa terlaksana dengan tertib dan profesional,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Mohan, ia juga berharap KPU Kota Mataram mampu memaksimalkan partisipasi pemilih, khususnya dari kalangan Generasi Z dalam menyukseskan pilkada dan berperan aktif dalam agenda-agenda politik di daerah.

“Kita tahu jumlah pemilih dari generasi Z ini sangat banyak, bahkan paling tinggi. Untuk itu, KPU harus lebih kreatif sehingga memberikan dampak, utamanya meningkatnya partisipasi pemilih,” terang Mohan.

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan pilkada bisa mampu menghadirkan suasana pilkada dengan tertib dan profesional, sehingga Pilkada Mataram berjalan baik seperti halnya di Pemilu dan Pilpres Februari lalu.

Sementara itu, Komisioner KPU NTB Agus Hilman juga mengajak semua pihak untuk merayakan pilkada. Sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang. Sebab, Pilkada tidak bisa berjalan tanpa ada kerjasama yang baik dengan seluruh elemen.

“Pilkada ini bisa berjalan tanpa ada kerjasama seluruh elemen, baik penyelenggara, masyarakat, dan parpol. Namun, sebelum itu pilkada harus mampu menghadirkan pemilu yang berintegritas, pemilih berintegritas, dan peserta berintegritas,” pesannya. (ndi)