Jelang World Water Forum di Bali, Kabaharkam Turun Sidak Pengamanan di Pelabuhan Lembar

0

Giri Menang (Suara NTB) – Menjelang World Water Forum (WWF) ke-10 yang rencananya dilaksanakan tanggal 18-25 Mei 2024 di Bali, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran mengecek pengamanan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Sabtu, 11 Mei 2024. Kabaharkam memastikan ajang WWF berjalan aman dan lancar.

Pantauan media, Fadil memantau langsung area pintu masuk Pelabuhan Lembar. Mulai dari arah tunggu hingga dermaga. Fadil juga memantau pengecekan barang bawaan penumpang menggunakan X Ray milik Ditpamobvit Polda NTB. Kata Fadil, WWF ini memiliki dampak besar bagi dunia pariwisata di Indonesia. Karena itu pihaknya memastikan pengamanannya.

Baca Artikel Lainnya … 

Terpilih Aklamasi, Ketut Jaya Kembali Pimpin DPD AHLI NTB

 

“Saya berkeliling mulai dari area pejalan kaki, roda dua, roda empat, ruang tunggu dermaga, sejauh ini aman. Semua sudah berjalan dengan baik,” jelas Fadil didampingi Kapolda NTB Irjen Raden Umar Faroq dan Kapolres Lobar AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, ASDP, BPTD, dan Otoritas Pelabuhan di Pelabuhan Lembar.

Fadil menjelaskan ratusan personel disiagakan di Pelabuhan Lembar. Baik dari unsur TNI, Polri, dan ASDP. Seluruh petugas diminta bekerja keras memastikan pengamanan pergerakan penumpang di Pelabuhan Lembar yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Padangbai.”Saya lihat semua unsur terkait sudah berjalan. Ada catatan, tinggal disempurnakan saja,” tegas Fadil.

“Kami pastikan lancar dan aman selama WWF. Kami telah mengatur strategi pengamanan yang detil khusus acara WWF. Kami kerahkan mulai dari personel Sabhara hingga polisi satwa. Nanti semua personel juga memberi perlindungan menyeluruh di area acara,” urai Kepala Operasi Puri Agung 2024 ini.Fadil juga mengajak semua masyarakat untuk membangun koordinasi untuk mendukung keamanan selama WWF. Masyarakat diminta selalu memberi informasi terkait potensi ancaman selama kegiatan WWF berlangsung di Bali.

Di Pelabuhan Lembar, kepolisian menyiapkan dua anjing pelacak untuk mendeteksi barang bawaan penumpang yang akan berangkat ke Bali.”Dua satwa K-9 (anjing pelacak) disiagakan di empat dermaga Pelabuhan Lembar. Dua satwa ini siap mengamankan bentuk semua gangguan,” ujarnya.Fadil memastikan acara WWF yang diselenggarakan di Bali telah dipersiapkan dengan cermat oleh penyelenggara. Baik perlindungan kepada delegasi WWF dan para tamu undangan.

 Lebih lanjut dikatakan, pihaknya menyiapkan strategi khusus pengamanan yang detail di pintu masuk pelabuhan untuk mendukung event tersebut. “Saya sebagai Kepala Operasi Puri Agung 2024 telah mengatur strategi pengamanan yang detail untuk mendukung kegiatan tersebut,” kata Fadil. Fadil Imran juga terjun langsung dalam melakukan pengecekan di beberapa pelabuhan. Selain Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, juga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam pengamanan acara, satuan Sabhara, Polisi Satwa, Bhabinkamtibmas, Pamobvit akan memberikan perlindungan menyeluruh di semua area acara.”Polri memastikan seluruh personel terlatih dan siap menghadapi potensi gangguan yang mungkin terjadi selama acara,” ujarnya.

Lebih lanjut Fadil Imran menyebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan instansi lain, termasuk pihak penyelenggara acara untuk menjaga keamanan dan ketertiban rangkaian WWF.

Pihaknya juga mengajak partisipasi masyarakat dalam mendukung kelancaran acara.”Semua persiapan telah dilakukan dengan cermat untuk memberikan perlindungan maksimal bagi semua peserta dan pengunjung acara WWF di Bali,” imbuhnya.(her)