Tahapan Pilgub NTB Diluncurkan, Pesta Demokrasi Diharapkan Penuh Persaudaraan

0

Mataram (Suara NTB) – Tahapan Pilkada Gubernur (Pilgub) NTB telah diluncurkan secara resmi pada Jumat, 10 Mei 2024 di Teras Udayana Mataram oleh KPU NTB. Hadir dalam kesempatan tersebut Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H.Lalu Gita Ariadi, MSi.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur berharap antusiasme masyarakat menyambut Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 27 November 2024 tetap menjaga keamanan, persaudaraan dan dalam suasana riang gembira.

“Kita mengawal bersama tahapan Pilkada. Mudah mudahan terselenggara dengan aman, lancar, penuh persaudaraan dan riang gembira”, ujar Pj Gubernur.

Lalu Gita juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholders atas suksesnya penyelenggaraan Pilpres dan Pemilu Legislatif 2024. Jika pun ada kekurangan penyelenggaraan selama proses pesta demokrasi kemarin agar dapat disempurnakan dalam Pilkada mendatang.

“Bila di sana sini ada kekurangan, tentu kita akan sempurnakan di masa yang akan datang, wa bil khusus pada saat Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB,” imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Teknis KPU Pusat HM Eberta Kawima mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada ini adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat, karena keterlibatan dan partisipasi dalam Pilkada menentukan kesuksesan penyelenggaraannya.

“Mohon Pilkada agar bisa dilaksanakan dengan sejuk, dengan damai, aman dan kondusif,” katanya.

Ketua KPU NTB Muhammad Khuwailid mengatakan, peluncuran dan sosialisasi ini adalah bentuk kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan tahapan demi tahapan Pilkada NTB 2024.

Bertema “Pilkada untuk Kita”, KPU NTB berharap Pilkada tidak hanya milik partai politik dan penyelenggara, namun seluruh masyarakat yang akan memilih Gubernur, Bupati dan Walikota beserta wakilnya untuk lima tahun mendatang dengan amanah. “Kami kerja sama dengan seluruh elemen di NTB untuk mensukseskan Pilkada ini,” ujar M. Khuwailid.

Pilgub NTB 2024 sendiri memiliki maskot celepuk Rinjani, yaitu hewan endemik asal NTB.
Adapun pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak yaitu hari Rabu, 27 November 2024. Penghitungan sara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara tanggal 27 November – 16 Desember 2024. Penetapan calon terpilih: Paling lama 5 hari setelah Mahkamah Konstitusi secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU.(ris)