Perusahaan Korea Lirik NTB Jadi Daerah Pengembangan Layanan Sepeda Listrik

0

Mataram (Suara NTB)-Perusahaan Gridwiz asal Korea melirik Provinsi NTB jadi lokasi pengembangan pelayanan sepeda listrik. Tanggal 8 Mei kemarin, tim dari Korea datang ke Brida NTB untuk membahas tindak lanjut pembicaraan kolaborasi dengan Brida NTB dengan perusahaan tersebut. Mengingat sebelumnya di 2023 kemarin telah ada proses perbincangan awal.

Plt. Kepala Brida NTB, Lalu Suryadi mengatakan, kolaborasi yang akan terjalin ini yaitu menjadikan Brida NTB sebagai badan yang mengenalkan produk sepeda listrik yang dikembangkan Gridwiz kepada masyarakat.

Lalu Suryadi mengatakan, kerjasama pengembangan transportasi sepeda listrik dan hibah prototype sepeda listrik ini juga melibatkan Universitas Mataram (Unram).

Perusahaan Gridwiz nantinya akan memberikan hibah berupa charging station. Pemerintah Provinsi NTB dan Gridwiz akan melakukan uji coba atau pilot project di dalam kawasan Unram sebelum nantinya akan di terapkan untuk kawasan Kota Mataram.

“Rencananya kita akan pilot project dulu di Unram. Nantinya akan dibuatkan satu kawasan untuk penyewaannya. Di sana dikumpulkan sepedanya, ada aplikasi untuk menyewanya. Namun sekarang uji coba dulu,” kata Lalu Suryadi kepada Suara NTB, Minggu, 12 Mei 2024.

Lalu Suryadi mengatakan, unit sepeda yang akan dikembangkan untuk melayani transportasi ramah lingkungan di NTB adalah sepeda listrik produksi Korea, produksi dalam negeri dan sepeda listrik yang sudah dikembangkan di NTB selama ini.

“Di Indonesia sudah ada pola semacam ini. Misalnya di kawasan Tamrin Jakarta ada penyewaan sepeda. Kalau di NTB kan belum ada sehingga kita mau introduksi,” tambahnya.

Ia mengatakan, kolaborasi ini nantinya diharapkan dapat memberikan dampak di berbagai aspek, salah satunya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Mengingat dalam proses perancangan lanjutan, perusahaan Girdwiz akan merekrut manpower dari SMK dan universitas di Provinsi NTB, dalam proses assembling sepeda listrik.(ris)